Pengobatan batuk pada bayi ?

MK Info Penanya: MK, Pria, 19 Tahun
Hai dok saya mau bertanya, anak sy umur nya 2 bulan 10 hari dia batuk berdahak dan hidung tersumbat, sy udah membawa nya ke bidan dan meminumkan obat 3 kali sehari, seperti nya tidak ada perubahan. Itu bagaimana ya dok? Thanks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MK.

    Keluhan batuk adalah masalah yang sering kita jumpai pada bayi dan anak-anak. Penyebabnya bervariasi, mulai dari penyakit ringan, yang dapat sembuh sendiri sampai penyakit berat.
    Berikut penyebab batuk untuk usia 2 bulan - 5 tahun seperti pneumonia, bronkiolitis, asma, gagal jantung, penyakit jantung bawaan, efusi/empiema, tuberkulosis, pertusis, alergi, dan GERD.

    Untuk menegakkan diagnosis dan penyebab dari keluhan anda, sebaiknya periksa ke dokter spesialis anak. Di butuhkan pemeriksaan yakni anamnesa (tanya-jawab) seperti sejak kapan keluhannya, ada demam, sesak napas, mual, muntah; pemeriksaan fisik (di periksa tanda vital, didengar suara napas dan jantung); pemeriksaan penunjang seperti laboratorium dan rontgen thorax sesuai indikasi.

    Beberapa tips yang dapat anda lakukan : Tetap berikan asi, jauhkan dari asap rokok, hindari paparan debu, ciptakan lingkungan yang bersih, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi. 

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.