Pengobatan Batuk Alergi Pada Anak

N Info Penanya: N, Wanita, 33 Tahun
Selamat Malam Dokter,Ada yang ingin ditanya, anak saya umur 6 tahun menderita batuk alergi dan menurut pemeriksaan, dia sering mengalami radang tenggorokan dan flu serta batuk. Apakah itu bisa menular? Batuknya juga pada waktu tertentu. Adakah obat yg khusus untuk alergi pada anak atau semacamnya? Karena jika obat dari dokter habis lalu anak saya makan makanan ringan dan minum es pasti batuknya kambuh lagi. Mohon penjelasannya.Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu N,

Bila anak menderita Batuk Pilek atau Flu, mungkin saja karena tertular dari orang lain, bisa orang dewasa atau teman bermainnya. Karena daya tahan tubuh anak-anak masih rendah. Sebaiknya bila ada orang dewasa atau saudara yang sakit Flu dirumah supaya menghindari kontak dengan anak, contohnya dengan cara memakai masker, dll.

Anak yang mempunyai riwayat alergi, sebaiknya diperhatikan pencetus atau penyebab dari alergi itu sendiri supaya dapat dihindari. Contohnya es, makanan dengan penyedap buatan, makanan dengan pemanis buatan, makanan laut dll.

Obat anti batuk karena alergi ada tersedia di Apotik, namun diperlukan resep Dokter untuk mendapatkannya. Sebaiknya kunjungi Dokter Spesialis Anak terdekat di kota Ibu untuk konsultasi lebih lanjut.

Diharapkan dengan bertambahnya usia anak, dan gizi yang baik maka daya tahan tubuh anak akan bertambah sehingga tidak gampang tertular penyakit. Usahakan selalu untuk menghindari makanan dan kondisi yang mencetus batuk alergi pada anak, hal ini lebih baik dari pemberian obat-obatan.

Semoga penjelasan ini dapat membantu Ibu.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita alergi kacang berisiko terkena anafilaksis

Anafilaksis, Ketika Alergi Kacang Bisa Mematikan

Alergi kacang merupakan alergi yang sering terjadi pada anak-anak. Beberapa gejala alergi kacang, antara lain rasa gatal di mulut dan tenggorokan. Penderita alergi kacang juga berisiko terkena anafilaksis, berupa sulit bernapas dan tekanan darah turun drastis.