Pengobatan Batu Empedu yang Paling Ampuh

AW Info Penanya: AW, Pria, 31 Tahun
Hi Dok, Apakah batu empedu itu berbahaya dan apa ada obat ampuh/khusus untuk menghilangkannya? Karena selama ini tidak ada keluhan khusus yang terasa dengan adanya batu empedu tersebut.Mohon infonya ya dok.Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak AWW,

Yang dimaksud dengan batu empedu adalah substansi seperti batu berukuran kecil yang berada di dalam kantung empedu. Substansi ini terbuat dari empedu yang mengeras, yang dihasilkan dalam hati.

Empedu adalah cairan pencernaan yang berfungsi untuk mencerna lemak dalam tubuh. Cairan empedu terdiri dari kolesterol, air, lemak, garam empedu dan bilirubin.

Billirubin adalah  produk limbah sel-sel darah merah yang hancur.

Empedu dihasilkan di dalam hati dan disimpan dalam kantung empedu, yang berfungsi  untuk mengencerkan kolesterol dan lemak.

Batu empedu terjadi ketika terdapat terlalu banyak kolesterol, bilirubin dan garam empedu, yang menyebabkan pengerasan dan pembentukan batu empedu.

Tanda dan Gejala Batu Empedu

Tergantung pada ukuran dan jumlah batu empedu yang terbentuk serta lokasinya, beratnya gejala dapat beragam.

Gejala-gejala ini dapat mencakup :

  • Nyeri berat di daerah perut atas
  • Sakit kuning (terjadi ketika terjadi penyumbatan dalam waktu lama)
  • Demam (jika timbul komplikasi)
  • Muntah-muntah


Beberapa komplikasi yang mungkin timbul pada Batu Empedu yaitu :

  1. Kolik empedu adalah kondisi ketika duktus hepatikus atau saluran empedu umum tiba-tiba terhambat oleh sebuah batu empedu. Hal ini menyebabkan kembung (peradangan dan pembengkakan), nyeri perut  berat terus menerus, diikuti muntah-muntah.
  2. Kolesistitis adalah peradangan kantung empedu. Peradangan ini yang disebabkan oleh penyumbatan tiba-tiba batu empedu, meningkatkan pertumbuhan bakteri dalam kantung empedu. Kondisi ini ditandai dengan nyeri berat di bagian kanan atas perut dan demam tinggi.
  3. Kolangitis terjadi ketika empedu dalam saluran empedu terinfeksi setelah penyumbatan akibat batu empedu. Infeksi ini menyebar dari usus ke saluran empedu.

Ini adalah kondisi serius yang ditandai dengan demam tinggi dan terdapat risiko tinggi sepsis yaitu proses di mana infeksi memasuki aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Komplikasi dari kolangitis  adalah terjadinya abses pada hati, yaitu kumpulan nanah dalam hati. Infeksi ini dapat menyebabkan banyak komplikasi lainnya.

  1. Gangren pada kantung empedu adalah situasi di mana peradangan atau keadaan kembung memotong pasokan darah ke kantung empedu sehingga menyebabkannya mati. Hal ini meningkatkan risiko pecahnya kantung empedu, menyebabkan cairan di dalamnya keluar ke dalam rongga perut.
  2. Kondisi  yang lebih serius mungkin terjadi jika batu empedu dibiarkan tidak diobati, karena batu tersebut dapat terdorong ke saluran empedu dan menyebabkan penyumbatan. Kondisi yang sebenarnya dapat dihindari jika batu empedu diangkat lebih cepat.
Pengobatan Batu Empedu

Pengobatan Batu Empedu tergantung pada usia dan kesehatan Pasien, batu empedu dapat dibiarkan saja tidak diobati atau dioperasi / diangkat.

Untuk pengangkatan Batu Empedu, ada beberapa cara :

  • Kolesistektomi (pengangkatan batu empedu melalui pembedahan) yaitu pengobatan standar untuk batu empedu dalam kantung empedu. Tindakan ini berupa sayatan berukuran besar di perut, untuk pengangkatan Batu Empedu.
  • Operasi  Laparoskopis, Operasi ini menggunakan metode modern dengan luka sayatan sangat kecil.

Untuk pilihan pengobatan yang tepat, kami sarankan sebaiknya Bapak konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter.

Semoga informasi dari kami dapat membantu Bapak.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gorengan merupakan sumber kolesterol tinggi yang menjadi penyebab batu empedu

Hati-hati, Makanan Juga Bisa Menjadi Penyebab Batu Empedu

Salah satu penyebab batu empedu adalah menumpuknya kolesterol dalam kantung empedu yang dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Selain makanan, ada faktor lain yang juga berkontribusi menyebabkan batu empedu.