Pengobatan alami alergi kambuhan pada remaja

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dokter, saya punya keponakan 14 tahun. Dia mengalami gejala hidung tersumbat dan bersin-bersin, seperti ada daging bulat, dan saat itu kita pikir itu polip. Setelah dibawa ke dokter, dibersihin hidungnya pake selang angin kayak kompresor dan diberi obat tetes hidung. Dokter umum saat itu mendiagnosanya alergi. Sudah hampir 1 tahun, ponakan saya masih kambuhan alerginya. Ini gejala penyakit apa ya dok? Apakah ada pengobatan alami selain operasi atau konsumsi obat? Makasi dok sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Alergi merupakan kondisi dimana tubuh lebih rentan terhadap paparan-paparan alergen tertentu seperti debu, makanan (seafood, kacang, cokelat, telur, dll), bulu binatang, dingin, serbuk bunga, dll. Bila penderita alergi terpapar alergen tersebut maka akan muncul keluhan bersin-bersin, batuk, pilek, sesak napas, ruam kemerahan, gatal, hingga bengkak pada wajah.

Alergi tidak dapat disembuhkan total, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar reaksi alergi tidak sering muncul atau kambuh dengan cara :

  1. Menghindari alergen pemicu munculnya reaksi alergi.
  2. Perbanyak konsumsi sayur, buah, cukup istirahat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Berolahraga secara teratur.
  4. Minum obat golongan antihistamin bila reaksi alergi sangat mengganggu.

Bila ada benjolan seperti daging bulat pada rongga hidung maka sebaiknya segera kontrol ke dokter THT untuk memastikannya apakah benar polip atau tidak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

WHO mencatat ada lebih dari 70 makanan yang menyebabkan alergi

Sering Alergi, Efektifkah Mengetahui Pemicunya dengan Tes Alergi?

Alergi adalah reaksi alami sistem imun manusia bereaksi terhadap asupan makanan tertentu. Untuk mengetahui apabila terkena alergi atau tidak, tes alergi dapat dilakukan.