Pengobatan akibat gigitan serangga/insect bite ?

TT Info Penanya: TT, Pria, 19 Tahun
Halo Dok, gw mau nanya nih , tangan gw ada bekas gigit serangga , bentuknya bentolan merah gitu dok, apakah ada treatment alami atau cream rekomendasi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MS.

Gigitan atau sengatan dari serangga yakni dengan menyuntikkan bisa (racun) yang tersusun dari protein dan substansi lain yang memicu reaksi alergi kepada penderita. Reaksi akibat gigitan serangga biasanya ringan berupa rasa gatal, kemerahan, nyeri, bengkak ringan yang dapat hilang dalam satu atau dua hari.

Hanya sebagian kecil orang yang mengalami reaksi alergi parah (anafilaksis) terhadap racun serangga. Tanda dan gejala dari reaksi alergi parah (anafilaksis) diantaranya: Kesulitan bernapas mendadak, penurunan tekanan darah dan sirkulasi (shock) atau gangguan fungsi organ seperti tonus otot menurun (hipotonia), pingsan, gangguan kulit secara mendadak berupa ruam kemerahan diseluruh tubuh, rasa gatal, pembengkakan pada mulut dan lidah, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan.

Pengobatan yang dapat anda lakukan untuk mengurangi keluhan :

- Cucilah daerah gigitan atau sengatan dengan sabun dan air

- Kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan (bentol) tidak lebih dari 15 menit

- Oleskan krim/salep untuk untuk mengurangi bentol dan kemerahan. Krim / salep yang digunakan yang mengandung kortikosteroid.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tangan keriput yang belum pada waktunya bisa jadi terjadi karena tangan terpapar sinar UV

Bagaimana Agar Tangan Tidak Keriput? Kenali Pemicu dan Pencegahanya!

Tangan adalah bagian tubuh yang rentan kehilangan kelembapannya. Seiring dengan penuaan, elastisitas kulit berkurang dan menyebabkan tangan keriput. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan memberikan tabir surya atau sunscreen agar kelembapan kulit dan kolagen kulit terjaga.