Penglihatan tidak nyaman dan susah fokus. Bagaimana solusinya?

AF Info Penanya: AF, Pria, 21 Tahun
Dok saya divonis katarak sejak umur 4 bulan dan baru operasi umur 11 tahun. Sekarang umur saya 21 tahun, saya merasa penglihatan saya tidak nyaman sekali karena saraf mata saya goyang terus jadi susah fokus.Bagaimana solusinya ya Dok ?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AF

Penglihatan kabur bisa disebabkan karena gangguan refraksi cahaya yang masuk ke dalam mata atau ada gangguan saraf mata di retina. Apakah anda sudah konsultasi dengan Dokter Spesialis Mata? Anda akan dilakukan pemeriksaan refraksi mata anda, serta pemeriksaan khusus mata yang dilakukan oleh Dokter Mata.

Penglihatan kabur jika disertai sakit kepala tiba-tiba, bisa jadi merupakan gejala dari stroke. Akibat gangguan aliran darah di pembuluh darah otak. Selain itu, penderitanya juga akan mengalami gangguan lain, seperti kelemahan pada satu sisi tubuh, merasa pusing, kesulitan berbicara maupun memahami ucapan orang lain, serta sulit berjalan dan mengalami gangguan keseimbangan.

Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Saya lampirkan artikel Ciri-ciri Mata Minus Ini Menandakan Anda Butuh Kacamata untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit glaukoma merusak saraf optik mata, yang bisa menyerang lansia.

Kenali Berbagai Gejala Glaukoma yang Bisa Serang Lansia

Glaukoma merupakan sebuah kondisi yang merusak saraf optik mata, dan akan memburuk seiring berjalannya waktu. Gejala glaukoma sering tidak dirasakan penderitanya.