Penglihatan mata kiri anak terganggu akibat terbentur kepalanya

MM Info Penanya: MM, Pria, 44 Tahun
Assalamualaikum dok, mohon maaf sy, mau tanya tentang penglihatan mata kiri anak saya, terganggu akibat terbentur kepalanya saat kecelakaan motor menurut dokter, kemungkinan di sebabkan adanya penggumpalan darah di kepala. Kemudian sy di anjurkan merujuk berobat lanjut namun sy baru bisa rujuk setelah 14 hari kedepan karna persoalan admitrasi. Yang sy, ingin tanyakan apakah dalam kurung waktu tersebut tidak beresiko terhadap penglihatan anak sy, dan bagaimana cara mengatasinya.? Mohon bantuan penjelasanya dok, ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MM,

Penggumpalan darah dapat terjadi akibat perdarahan pada otak yang timbul karena adanya pembuluh darah di otak yang pecah seperti karena benturan di kepala, stroke, atau tekanan darah yang tinggi dan dipicu oleh adanya pembuluh darah yang abnormal di kepala. Reaksi dari perdarahan tersebut dapat beragam tergantung dari letak dan berat ringannya perdarahan.

Apabila peradarahan cukup banyak dan terjadi penggumpalan, hal ini dapat menekan jaringan di dalam otak seperti salah satunya adalah persarafan mata yang menimbulkan gangguan penglihatan. Penekanan tersebut dapat mungkin menimbulkan kerusakan yang menetap jika tidak segera ditangani dengan tepat. Untuk itu perlu dilakukan konsultasi untuk mendapatkan informasi lebih detil dengan dokter spesialis mata atau dokter spesialis saraf yang menangani anak Anda mengenai kondisi yang saat ini terjadi dan kemungkinan yang dapat ditimbulkan jika rujukan lanjut baru bisa dilakukan 14 hari kedepan.

Selain itu dokter juga bisa memberikan opsi lain jika memang tetap belum bisa dirujuk dalam waktu dekat seperti misalnya pemberian obat atau tindakan yang diperlukan agar gangguan penglihatan dapat ditangani dan tidak menyebabkan gangguan yang menetap. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit glaukoma merusak saraf optik mata, yang bisa menyerang lansia.

Kenali Berbagai Gejala Glaukoma yang Bisa Serang Lansia

Glaukoma merupakan sebuah kondisi yang merusak saraf optik mata, dan akan memburuk seiring berjalannya waktu. Gejala glaukoma sering tidak dirasakan penderitanya.