Penglihatan Mata Kabur Jika Melihat Jauh, Apa Penyebabnya?

MD Info Penanya: MD, Wanita, 24 Tahun
Hello Dokter,Ingin tanya, mata saya kabur jika melihat sesatu jarak jauh Saya sudah 2 tahun kerja di depan komputer terus. Sebelum masuk kerja dulu, mata saya baik-baik saja, tapi setelah 1 tahun terasa agak kabur, penglihatan kurang jelas, bila lihat sesuatu dari jarak beberapa meter sampai jarak jauh itu kabur, saya terkena penyakit mata apa ya dok? apa solusi dan obatnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore Ibu MD,

Bekerja didepan komputer dalam waktu lama tanpa mengistirahatkan mata setiap 2 jam selama 10 sampai 20 menit dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan. Gangguan ini dapat berupa mata lelah dan mata kering atau dry eye.

Yang dapat dilakukan untuk memperoleh mata yang tetap sehat adalah :

  • Membaca dengan jarak 40 sampai 45 cm dan dengan pencahayaan yang baik.
  • Meng-istirahatkan mata bila bekerja didepan komputer, membaca terlalu lama, bermain game, menonton TV dll. Seperti istirahat 10 menit setelah terus menerus menatap layar komputer selama 2 jam.
  • Makan makanan yang mengandung banyak Vitamin A seperti Wortel.

Untuk keluhan mata kabur saat melihat objek jauh, maka sebaiknya Ibu segera mengunjungi Dokter Spesialis Mata di Rumah Sakit terdekat untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin saja Ibu mengalami gangguan refraksi mata berupa Myopia.

Salam Sehat

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata silinder atau mata minus pada anak membuat penglihatan menjadi kabur dan buram sehingga anak harus memakai kacamata

Tidak Selalu Akibat Gaya Hidup, Ini Penyebab Anak Alami Mata Minus

Mata silinder atau mata minus pada anak bisa terjadi karena bawaan lahir dan tidak selalu karena gaya hidup