Penglihatan kiri agak ngeblur dan mata kanan normal, bekerja didepan laptop

MK Info Penanya: MK, Pria, 23 Tahun
" dok... saya rahman, setiap hari pekerjaan saya di depan laptop. Nah, beberapa hari terakhir penglihatan mata kiri saya agak ngeblur, tapi mata kanan saya normal. Pertanyaan saya, sebenarnya apa yang terjadi dengan mata saya yang sebelah kiri? Dan bagaimana solusinya tanpa mengabaikan pekerjaan saya? Terima kasih dok".
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MK

Penurunan penglihatan mendadak dapat disebabkan oleh beberapa penyakit dari hal paling ringan akibat mata kering yang kurang istirahat saat bekerja terus menerus biasanya di depan komputer, kelainan glaukoma akibat tinggi tekanan bola mata hingga kelainan sistemik tubuh seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. 

Jika hanya terdapat mata kering, biasanya dengan istirahat dan penggunaan obat tetes air mata dapat memperbaiki penglihatan, namun pada glaukoma atau tekanan tinggi pada bola mata dapat merusak sel saraf optik mata dan mengancam penglihatan hingga kebutaan. 

Saya sarankan anda untuk sering istirahatkan mata, memakai kaca mata anti radiasi selama memakai komputer, hindari konsumsi alkohol, rokok. Anda juga harus memeriksakan mata anda dengan dokter spesialis mata (Sp.M) untuk memastikan penyebab penurunan penglihatan. Pada kondisi tertentu penurunan penglihatan mendadak dapat mengancam penglihatan dan memicu kebutaan total.

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata kering dapat menyebabkan mata merah dan berisiko terkena infeksi

Mengatasi Mata Merah Akibat Mata Kering, Bagaimana Caranya?

Mata kering dapat menyebabkan mata merah dan berisiko terkena infeksi. Mata yang kering disebabkan oleh jumlah air mata yang kurang atau komposisi air mata yang tidak seimbang. Untuk mengatasi mata kering, Anda dapat menggunakan obat tetes mata, mengubah kebiasaan, dan tindakan operasi.