Penglihatan berkunang-kunang dan kolesterol?

MW Info Penanya: MW, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, sudah 2 minggu lebih ini mata saya berkunang dan kurang fokus dan tak kunjung sembuh-sembuh, sebelumnya 2 hari ketika mata saya berkunang malamnya tiba2 saya merasakan ketakutan yang sangat takut sehingga membuat dada saya sesak,keringat dingin dan mual kemudian saya lakukan pemeriksaan teryata adanya kolesterol tinggi dan dalam beberapa minggu ini saya selalu banyak pikiran, kemudian dua hari ini saya merasakan sangat sedih dan menangis terus -terusan dan kepala bagian depan saya tepatnya di dahi terasa sakit kadang sakitnya sampai ke hidung. Kira2 itu kenapa ya dok apakah disebabkan karena kolesterol atau karena ketakutan atau rasa sedih yang saya alami?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MW

Penglihatan berkunang-kunang bisa terjadi secara tiba-tiba, biasanya bersifat sementara akibat meningkatnya gula darah. Gula darah meningkat sehingga lensa mata membengkak dan mempengaruhi mata.

Sedangkan kolesterol tinggi seringkali tidak bergejala namun berkaitan dengan beberapa penyakit misalnya jantung, stroke, hipertensi termasuk juga diabetes.

Kemungkinan yang anda alami terkait dengan psikis dan stres berlebih sehingga menimbulkan banyak gejala termasuk sesak, mual dan keringat dingin. Pada keadaan depresi bisa timbul gejala lain seperti nyeri kepala, nyeri sendi dan nyeri perut.

Anda perlu menghindari stres dan mencari kegiatan untuk relaksasi diri.

Bila anda masih mengalami keluhan, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga penjelasan saya bermanfaat

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Delusi merupakan suatu kepercayaan yang kuat akan sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataannya

Mengenal 6 Jenis Delusi

Delusi adalah suatu kepercayaan yang kuat akan sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataannya. Delusi dapat dialami oleh penderita skizofrenia, psikosis, dan bipolar. Delusi memiliki 6 jenis yang mungkin tiap penderita berbeda-beda dalam mengalaminya.