23 Nov 2020, 22:09Saraf

Pengidap amnesia antrograde mendapatkan ingatan baru secara tiba-tiba

SR
Info Penanya: SR0
Halo dokter, saya mau tanya tentang amnesia antrograde. Saya mendapatkan suatu informasi dari suatu artikel kesehatan yang mana menyatakan bahwa, seorang yang mengalami amnesia anterograde dapat mengingat informasi baru secara tiba-tiba, tetapi hal ini hanya dapat bertahan sementara. Apakah hal ini benar?
319 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore SR,Amnesia adalah kondisi yang mana seseorang menjadi pelupa. Amnesia ini biasanya terjadi akibat adanya kerusakan pada otak akibat cedera kepala misal kepala terbentur benda keras atau terjatuh, kebiasaan konsumsi alkohol dalam jumlah banyak, tingkat stres yang tinggi, dll.

Amnesia ini dibagi menjadi 2 jenis yakni:

  • Amnesia anterograde. Gangguan ini menyerang ingatan yang baru saja terjadi. Hal ini biasanya terjadi misal Anda pingsan atau mabuk akibat alkohol. Anda mungkin saja akan sulit mengingat hal-hal yang baru saja terjadi, namun ingatan di masa lalu Anda masih mampu mengingatnya.
  • Amnesia retrograde. Gangguan ingatan ini menyerang ingatan di masa lampau sebelum kejadian trauma.
Perihal orang yang mengalami amnesia anterograde memang benar ikatan jangka pendeknya akan terganggu, namun seringkali gangguan ini hanya bersifat sementara saja. Anda bisa melatih fungsi otak Anda dengan cara berlatih berhitung matematika sederhana, atau belajar mengingat hal-hal yang sederhana. Anda juga bisa membiasakan diri membaca buku. Hindari bermain HP atau menonton TV dalam waktu lama.Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk penanganan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina
cedera kepalasering lupaamnesia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil