Penggunaan tespack yang tepat seperti apa?

FE Info Penanya: FE, Wanita, 1 Tahun
Pagi dok saya mau tanya,,Saya melakukan tespek setelah bangun tidur tepatnya jam 2 malam nah hasil nya negatif,, apakah di jam seitu tespek menunjukkan hal yang benar dok?? Trimss.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang FE,

Test pack adalah alat pendeteksi hormon kehamilan, dimana bekerja dengan cara mendeteksi adanya hormon HCG di dalam urine. Sebenarnya penggunaan test pack bisa kapan saja, karena jika terjadi kehamilan hormon HCG akan meningkat berkali-kali lipat di dalam tubuh.

Penggunaan testpack memang paling baik menggunakan urine pertama saat bangun tidur. Jadi jika saat ini mengalami terlambat haid dan hasil testpack negatif, tidak perlu khawatir. Bisa ulang pemeriksaan dalam 2 minggu ke depan.

Terlambat haid tapi testpack negatif

Terlambat haid tapi tidak hamil sendiri juga bisa disebabkan beberapa penyebab lain seperti:

  • Masalah hormonal
  • Masalah gaya hidup seperti kurang istirahat, begadang, kurang aktivitas fisik
  • Perubahan berat badan yang cepat dan drastis
  • Adanya gangguan di organ reproduksi seperti PCOS, mioma uteri dan lainnya
  • Masalah kesehatan lain

Untuk itu jika sampai 90 hari tetap tidak menstruasi, perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Jika diperlukan bisa dilakukan pemeriksaan tambahan seperti lab darah untuk pemeriksaan hormonal dan pemeriksaan USG.

Perhatikan juga pola istirahat, kelola stres dengan baik, jaga asupan makan agar pola hidup lebih sehat dan bisa lancar siklus menstruasinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Kenali Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri Ini

Vaginitis dapat terjadi pada setiap wanita dan membuat area kewanitaan Anda terasa tidak nyaman. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah vaginosis bakteri. Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas, yaitu keputihan yang tipis, berwarna abu-abu atau putih susu, bau menyengat yang tak sedap. Penggunaan sabun beraroma dapat meningkatkan risiko wanita terkena vanginosis bakteri hingga menyebabkan terjadinya vaginitis.