Bagaimanakah cara menggunakan tes kehamilan yang benar?

AS Info Penanya: AS, Wanita
Dok mau nanya apakah berpengaruh dengan hasil nya kalau saya minum air putih terlebih dahulu sebelum menggunakan tespeck setelah bangun tidur?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan adalah kondisi yang dinantikan oleh pasangan suami istri. Tes kehamilan atau sering disebut dengan test pack merupakan sebuah alat yang dapat digunakan secara mandiri untuk dapat mengetahui kehamilan secara dini. Pada penggunaan test pack ini menggunakan metode urin. Alat ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon yaitu Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Pada keadaan hamil, hormon HCG ini bisa meningkat hingga 2 kali lipat setiap 2-3 hari.

Adapun cara untuk menggunakan tes pack adalah:

  • Letakkan urin kedalam wadah dan masukkanlah bagian dari test pack kedalam urin
  • Simpan urin kedalam wadah dan gunakan pipet untuk meletakkan urin ke area test pack yang sensitif terhadap HCG
  • Di dalam kamar mandi, Anda bisa meletakkan test pack pada area dimana urin Anda mengalir

Terkait penggunaan tersebut, setiap jenis test pack memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Untuk itu, pastikan Anda membaca petunjuk yang tertera agar hasil lebih optimal. Urin yang digunakan sebiaknya memang urin ketika bangun tidur dengan tujuan urin tersebut lebih pekat. Sejauh ini mengonsumsi 1 gelas air sebelum melakukan tes, dirasa tidak banyak berpenharuh terhadap hasil tes.

Apabila, setelah melakukan tes, hasilnya samar-samar, atau masih negatif. Anda bisa melakukan test pack ulang dengan jeda tujuh hari atau satu minggu kemudian. Bila dinyatakan hasil positif, segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat, untuk dilakukan pemeriksaan USG kehamilan.

Pastikan Anda menghindari stres dan kelelahan, konsumsilah makanan yang sehat serta bergizi seimbang, cukupilah kebutuhan cairan harian Anda, dan lakukan olahraga secara rutin agar bada sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Positif hamil setelah haid dapat terjadi jika siklus menstruasi tergolong pendek

Mungkinkah Positif Hamil Setelah Haid? Ini Penjelasannya

Positif hamil setelah haid mungkin terjadi bila Anda memiliki siklus menstruasi yang pendek, misalnya 21 hari. Berikut adalah penjelasan mengenai kemungkinan positif hamil setelah haid dan kapan kehamilan biasanya terjadi.