20 Jun 2020, 06:37Gigi & Mulut

Penggunaan teeth trainer dan bagaimana perawatannya?

U
Info Penanya: U, Wanita, 1 Tahun
Dok, apakah penggunaan teeth trainer aman untuk dipakai dan bagaimana cara perawatan untuk penggunaan teeth trainer? Terima kasih..
11049 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam U,Teether atau teeth trainer adalah mainan atau alat yang digunakan untuk membantu ketika gigi bayi mulai keluar atau tumbuh. Teether sendiri ada yang terbuat dari plastik, karet, atau silikon dengan beragam warna dan bentuk. Lalu apakah aman menggunakan teether?Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih teeth trainer agar tidak sekedar membeli atau melihat harga yang lebih murah. Karena terbuat dari bahan buatan, teether bisa memiliki kandungan yang bisa berisiko pada bayi.Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih teether untuk bayi diantaranya adalah:
  • Pilih teether yang bebas BPA, phtalate, pewarna buatan atau bahan kimia lain sehingga aman dari bahan berbahaya
  • Pilih ukuran yang tepat agar tidak membuat anak tersedak 
  • Pilh yang terbuat dari silikon atau bisa dari karet agar lebih fleksibel dan tidak keras
Untuk perawatan sendiri tentunya perlu memastikan teether dalam kondisi baik, tidak mengelupas, bersihkan hingga benar-benar bersih sebelum dan setelah digunakan agar bebas dari bakteri dan virus yang bisa mengganggu kesehatan anak terutama masalah pencernaan, Anda juga dapat mendinginkan teether terutama saat anak mulai tumbuh giginya agar mengurangi rasa gatal dan nyeri.Jangan ragu untuk bertanya pada ibu lainnya atau mencari referensi merk teether yang baik kualitasnya dan memiliki bentuk dan fungsi yang juga baik. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tips parentingbayitumbuh gigi pada bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil