06 Feb 2021, 22:09Kandungan

Penggunaan suntik kb

M
Info Penanya: M0
Selamat malam dok saya kan blm haid setelelah lepas kb pada tgl 10 oktober 2020, saya menggunakan kb kurang lebih 4 bulan, bulan pertama saya pake yng 1 bln sekali, yang kedua saya pake yg 3 bln sekali, bln ke 3&4 pake yang 1 bln sekali lagi apa itu bisa jadi penyebab blm haid karena penggunaan kbnya tidak sama Terimakasih
283 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Penggunaan KB suntik memang memiliki efek samping tidak haid, terutama KB suntik 3bulan. Pada penggunaan KB ini, beberapa efek samping yang mungkin Anda rasakan antara lain :
  • Peningkatan nafsu makan
  • Peningkatan berat badan
  • Penurunan gairah seksual
  • Perubahan emosi yang tidak stabil
  • Ganggun menstruasi
  • Muncul jerawat
  • Muncul flek diluar siklus menstruasi
Efek samping KB sendiri dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh Anda hingga enam bulan hingga satu tahun setelah tidak menggunakan KB. Namun hal ini bukan berarti Anda juga pasti tidak akan hamil dalam jangka waktu tersebut. Jika belum ingin megalami kehamilan, sebaiknya lanjutkan KB Anda menggunakan KB pill jangka pendek, penggunaan Kondom, atau menggunakan IUD untuk KB jangka panjang (bisa bertahun-tahun).Namun jika Anda ingin segera hamil, Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan juga menggunakan ovutest untuk membantu Anda mengetahui kapan masa subur Anda. Melakukan hubungan pasa saat alat menunjukkan hasil positif (subur) akan sangat meningkatkan peluang kehamilan Anda. Salam sehatdr.Evelin Kwandang
penggunaan kbtes kesuburankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil