09 Jul 2021, 20:19Kulit & Kelamin

Gatal setelah menggunakan skincare

RP
Info Penanya: RP0
selamat malam dok, saya mau bertanya. kenapa saat saya menggunakan serum lalu moisturaizer area pipi terasa perih, padahal awal pemakaian tidak. saya menggunakan produk wardah lightening series dan itu 0% alkohol. wajah saya juga terkadang merasa gatal. terima kasih dok
303 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi RP,Gatal setelah menggunakan skincare bisa jadi disebabkan oleh dermatitis kontak iritan, yaitu kondisi iritasi karena kandungan bahan skincare tersebut. Kondisi ini memang kadang-kadang baru muncul setelah pemakaian rutin dan bukan selalu pada kali pertama.Kemungkinan lainnya adalah karena bahan aktif pada skincare tersebut sedang bekerja. Jadi, terjadi pengelupasan sel-sel kulit mati (proses eksfoliasi) sehingga memicu rasa perih dan gatal.Untuk memastikan apa yang terjadi pada kulit Anda, sebaiknya periksakan kepada dokter spesialis kulit agar dapat dilihat langsung. Untuk sementara, coba gunakan skincare alami seperti misalnya masker dari madu atau bubuk kakao, yang biasanya lebih aman dan tidak memicu perih serta gatal. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
gatalmasker wajahperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil