Bagaimana cara penggunaan postinor?

SU Info Penanya: SU
Selamat malam dok, sayang ingin bertanya, apakah postinor dikonsumsi 3 jam setelah berhubungan intim, kemudian pil kedua 12 jam kemudian, apakah masi tetep efektif dok? Walaupun sedang masa subur atau tidak? Lalu apakah setelah mengkonsumsi postinor harus minum pil lain agar lebih efektif? Sekian dok terima kasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Postinor adalah kontrasepsi darurat yang mengandung bahan aktif Levonorgestrel. Bahan aktif ini berperan untuk mencegah terjadinya pembuahan karena mempengaruhi kekentalan lendir serviks dan mempengaruhi suasana dinding rahim sehingga sel telur susah menempel sehingga tidak terjadi kehamilan. Pil ini bila diminum dengan cara yang tepat akan memberikan efek mencegah kehamilan sebesar 85%, namun perlu diingat bahwa pil ini bukanlah pil penggugur kandungan.

Pil ini merupakan pil kontrasepsi darurat yang perlu diminum bila Anda melupakan jadwal KB, atau terjadi kondom bocor ketika berhubungan seksual, dan hal-hal tidak sengaja lainnya. Sehingga pil ini tidak boleh rutin diminum sebagai kontrasepsi pilihan sehari-hari.

Cara minum pil postinor 2 ini yang masing-masing mengandung 0,75 mg Levonorgestrel adalah pil pertama diminum sesegera mungkin setelah melakukan hubungan seksual, dan wajib diminum sebelum 72 jam setelah berhubungan seksual. Selanjutnya untuk pil yang kedua diminum dengan jarak 12 jam dari pil yang pertama. Bila setelah minum pil ini Anda menjadi mual, muntah, lemas, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kondisi Anda.

Perihal pertanyaan Anda yang meminum pil dalam jangka waktu 3 jam setelah berhubungan seksual tentu saja masih efektif, dan setelah meminum 2 tablet Anda tidak memerlukan pil lainnya untuk meningkatkan daya kerjanya.

Karena obat ini tetap memiliki risiko kegagalan, maka bila Anda mengalami terlambat haid, Anda tetap perlu melakukan tes pack untuk memastikannya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
01 Jul 2020, 14:24
Jika memiliki resiko kegagalan, kira kira berapa persen ya dok? Berdasarkan kasus yang ada di atas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 Jul 2020, 08:08
Selamat pagi, SU.
Untuk kemungkinan risiko kegagalan sangat kecil ya kemungkinan hanya 1-2 % saja jika diminum sebelum waktu 24 jam pasca berhubungan seksual.
Dibalas oleh SU
02 Jul 2020, 21:26
Di box tertulis penggunaan diminum 2 tablet sekaligus, apakah jika diminum dengan jarak 12 jam antara pil pertama dan kedua memengaruhi efektivitas nya? Jika ada kira kira berapa persen?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 Jul 2020, 11:13
Selamat siang, SU
Mempengaruhi, karena baru diteliti bila mengonsumsi sesuai anjuran efektifitas dari obat tersebut adaah 95% dapat menunda kehamilan. Namun jika dikonsumsi secara bersamaan, belum ada penelitiannya bagaimana efektifitasnya. Jadi sebaiknya konsumsilah obat tersebut sesuai dengan anjuran dokter.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ejakulasi dini dan impotensi merupakan dua disfungsi seksual yang mengganggu pria perkasa

Pria Perkasa dan Fakta Disfungsi Seksual

Pria perkasa umumnya identik dengan kekuatan dan ketahanan pria saat melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Namun, pria perkasa pun masih berisiko terkena disfungsi seksual, seperti ejakulasi dini dan impotensi.