Penggunaan pil kb pada penderita pcos

N Info Penanya: N, Wanita, 24 Tahun
Hallo dok. Saya penderita pcos dan siklus menstruasi saya masih 35-40 hari. Saya dan suami sedang menunda mempunyai momongan karena sedang melanjutkan studi. Cara penggunaan pil kb untuk pcos seperti apa ya dok detailnya? Saya ingin konsul tapi kami sedang psbb karena wabah covid-19. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NC.

Pil KB merupakan salah satu alternatif pilihan KB hormonal yang masih cukup banyak digunakan saat ini. Kendati perlu dikonsumsi setiap harinya tanpa terlupa dan dianggap kurang praktis tetapi efektivitas pil KB dalam mencegah kehamilan cukup tinggi, yakni mencapai 99%. 

Pil KB sendiri ternyata memiliki manfaat lainnya selain mencegah kehamilan, diantaranya adalah :

  • membantu memperbaiki siklus haid
  • mengurangi kram dan migrain yang dirasakan saat PMS (sindroma pramenstrual)
  • mengurangi munculnya jerawat hormonal
  • membantu mengurangi gejala endometriosis
  • membantu meringankan gejala PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Terkait dengan pertanyaan Anda, penggunaan pil KB untuk menunda kehamilan umumnya diperbolehkan pada penderita PCOS. Bahkan dipercaya dapat membantu mengendalikan gejala yang ditimbulkan. Terdapat uraian cara pemakaian pil KB pada umumnya di artikel berikut ini "cara minum pil KB yang benar". Akan tetapi, karena setiap wanita yang menderita PCOS dapat berbeda-beda kondisi klinis dan hasil pemeriksaannya, maka tetap perlu terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis Kandungan agar lebih aman. Dikhawatirkan adanya efek samping yang tidak diinginkan jika mengonsumsi pil KB tanpa pemeriksaan dan saran dokter Kandungan tentang keadaan PCOS yang dialami saat ini.

Berikut saya lampirkan pula artikel mengenai "efek samping peggunaan pil KB" yang perlu terlebih dahulu Anda ketahui sebelum menggunakannya

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sulit hamil dapat datang dari wanita maupun pria.

Cara Tangani Infertilitas untuk Bantu Dapatkan Momongan

Infertilitas kerap menjadi penyebab pasangan kesulitan mendapatkan momongan. Berikut 5 terapi kesuburan yang dapat membantu menangani kondisi ini.