08 Sep 2021, 11:10Kulit & Kelamin

Penggunaan pampers setelah khitan pada bayi

R
Info Penanya: R0
Dokter, saya berencana untuk melakukan sunat pada bayi yang baru berusia satu bulan dan banyak yang bilang jika setelah sunat tidak boleh pakai pampers dulu. Kira-kira kapan penggunaan pampers setelah khitan pada bayi yang benar? Apakah ada dampak negatifnya jika pakai pampers setelah khitan? Trus kalo boleh pakai pampers, pilih yang bagaimana dok pampersnya?
383 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang R,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Sunat merupakan suatu kondisi dimana kulit yang mentupi kepala penis di potong atau di buang. Hal ini bertujuan agar tidak adanya bakteri yang menumpuk pada kepala penis. Sunat saat ini sudah tidak menunggu lagi hingga dewasa. Sunat saat ini bisa dilakukan pada bayi bisa di mulai dari usia 2 minggu setelah lahir dengan kondisi yang stabil sehat dan tanpa masalah kesehatan. Namun perawatan sunat pada bayi baru lahir tentunya membutuhkan perawatan yang lebih intensif. 

Beberapa tips untuk merawat sunat pada bayi baru lahir :

  • Selalu jaga kebersihan penis, jika popok basah segera ganti dan jaga area penis tetap kering
  • Ketika mandi, hati-hati jika penis basah, pastikan kering
  • Gunakan pakaian dan popok yang longgar
  • Oleskan obat sesuai dengan petunjuk dokter
Berkaitan dengan penggunaan pampers sebaiknya digunakan saat luka pada penis sudah mulai kering, untuk menghindari gesekan dan luka pada penis. Karena pampers lebih tertutup dan lebih ketat sehingga tidak di sarankan langsung digunakan setelah selesai sunat. Jika Anda masih ada pertanyaan sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter bedah terkait sunat penggunaan pampers pada anak bayi.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
bayikulup penissunat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil