Penggunaan obat Renax pada batu saluran kemih?

AE Info Penanya: AE, Pria, 49 Tahun
Saya sudah lebih dari 3 bulan mengkonsumsi Renax Kapsul terus menerus, dengan tujuan untuk meluruhkan batu yang nyangkut di saluran kemih, yang saya tanyakan :1. Kenapa efek obatnya hanya sedikit/kecil2. Apakah ada efek samping yang akan ditimbulkan akibat penggunaannya yang lama dan terus menerus ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AE.

Batu Saluran Kemih (BSK) adalah penyakit dimana didapatkan masa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih baik saluran kemih atas (ginjal dan ureter) dan saluran kemih bawah (kandung kemih dan uretra), yang dapat menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih dan infeksi. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu
kandung kemih). Batu ini terbentuk dari pengendapan garam kalsium, magnesium, asam urat, atau sistein.

Prinsip dasar penatalaksanaan medis batu saluran kemih adalah untuk menghilangkan batu, menentukan jenis batu, mencegah kerusakan nefron, mengendalikan infeksi, dan mengurangi obstruksi yang terjadi. Batu dapat dikeluarkan dengan cara medikamentosa, pengobatan medik selektif dengan pemberian obat-obatan misalnya untuk mengobati nyeri atau infeksi, tanpa operasi terbuka (ESWL, litotripsi) dan pembedahan terbuka tergantung lokasinya.

Terapi medikamentosa (obat-obatan) ditujukan untuk batu yang berukuran lebih kecil yaitu dengan diameter kurang dari 5 mm, karena diharapkan batu dapat keluar tanpa intervensi medis. Dengan cara mempertahankan keenceran urine dan diet makanan tertentu yang dapat merupakan bahan utama pembentuk batu ( misalnya kalsium), yang efektif mencegah pembentukan batu atau lebih jauh meningkatkan ukuran batu yang telah ada. Setiap pasien BSK harus minum paling sedikit 6-8 gelas air sehari. 

Pada keluhan anda, anda mengkonsumsi obat Renax. Renax adalah obat herbal yang digunakan untuk membantu meluruhkan batu oksalat di ginjal dan saluran kemih, obat ini mengandung Sericocalyx folium, Orthosiphonis herba, Sonchus folium dan Plantago folium. Karena terbuat dari bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping yang parah pada penggunaan jangka panjang. Namun jika terjadi mual, muntah dan diare sebaiknya di hentikan. 

Untuk menilai efektivitas obat tersebut dalam mengobati batu pada saluran kemih, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui ukuran batu yang berada pada saluran kemih anda sehingga dapat ditentukan apakah dengan hanya meminum obat bisa menghilangkan keluhan atau butuh intervensi lebih lanjut, sebaiknya anda konsultasi dengan dokter spesialis urologi.

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tubuh takkan bisa bekerja dengan normal jika fungsi ginjal terganggu

Fungsi Ginjal Ternyata Tak Hanya Menyaring Racun dari Tubuh

Fungsi ginjal bagi tubuh ternyata beragam. Mulai dari memproduksi urine dan hormon, sampai mengendalikan kadar cairan tubuh. Penyakit yang menyerang ginjal dapat berakibat pada penurunan fungsi ginjal hingga berakibat fatal. Karena itu, jangan abaikan kesehatan ginjal Anda.