21 May 2020, 11:02Kepala

Bagaimakah posisi tidur yang baik bagi kesehatan?

AF
Info Penanya: AF, Wanita, 18 Tahun
dok posisi tidur yang baik jika menggunakan bantal tu yang bagaimana ya? pundak di taruh diatas bantal atau tidur tidak pakai bantal?
11799 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, AFTerima kasih atas pertanyaan Anda.Posisi tidur seseorang selain mencerminkan dengan kepribadiannya juga dapat berpengaruh terhadap kesehatannya. Posisi tidur yang salah, dapat menyebabkan nyeri toto dan atau tulang bahkan saraf pada tubuh. Posisi tdiur yang baik dapat mencegah nyeri pada leher, dapat memperbaiki poostur tubuh, dapat meredakan stres, mencegah kambuhnya alergi, mencegah timbulnya jerawat dan lain sebagainya. 

Adapun beberapa posisi tdur yang disarankan adalah:

  • Posisi tidur telentang
  • Posisi tirur seperti janin
  • Posisi tidur miring
  • Posisi tidur spooning (memeluk pasangan)
Untuk penggunaan bantal pada saat tidur tergantung dari posisi tidur Anda. Pada posisi telentang posisi bantal yang baik berada di bawah lengkungan tulang vertebra atau tulang belakang diantara leher sampai dengan kepala. Gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi agar terasa lebih nyaman. Sedangkan untuk posisi tidur miring, pastikan tulang belakang leher sampai dengan punggung bawah berada pada posisi datar (horizontal), sehingga sebaiknya menggunakan bantal dengan tinggi yang pas. Bahan bila perlu, Anda bisa meletakkan bantal pada kedua lutut.Selain posisi tidur, konsumsi makanan bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan cairan harian dan melakukan olahraga rutin juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda.Semoga bermanfaat.  Salam sehat, dr. Dian 
tidurgangguan tidurtips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil