17 Aug 2020, 23:15Penyakit Lainnya

Penggunaan Amlodipine membuat tensi darah menjadi rendah

KS
Info Penanya: KS, Pria, 67 Tahun
Malam dok. Seminggu yg lalu istri saya dirawat & ternyata setelah di cek sakit magh. Istri saya memiliki riwayat penyakit darah tinggi dan diabetes tipe II. Tpi selama ini gula darah dan tensi darah istri saya selalu normal, hanya saat masuk RS saja tensi darah agak tinggi jadi dokter memberikan obat amlodipine dan metformin untuk diminum rutin. Apakh boleh istri saya tdk minum amlodipine secara rutin karna takutnya menjadi darah rendah sebab tensi darah saat ini malah cenderung rendah?
3863 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang KS,Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah lebih tinggi dari normal dan bisa merupakan kondisi yang kronik atau terjadi terus menerus. Untuk kondisi ini perlu dilakukan perawatan agar mencegah kondisi tekanan darah tinggi tersebut menjadi tidak terkontrol dan menimbulkan komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, gangguan ginjal dan lainnya.Untuk tekanan darah sendiri normalnya adalah antara 100/60 - 130/90 mmHg, jadi jika tensi darah berada direntang normal bisa disebabkan oleh konsumsi obat antihipertensi harian. Jika sudah tercapai taget tekanan darah yang diinginkan perlu juga menjaga asupan dan faktor lain yang bisa memicu tekanan darah tinggi kambuh seperti:
  • Stres atau beban psikologis lain
  • Kurang tidur atau pola istirahat yang kurang baik
  • Mengalami nyeri hebat
  • Adanya kondisi penyakit lain yang menimbulkan tekanan darah meningkat seperti gangguan ginjal, gangguan hati, obesitas, diabetes
  • Kurang aktivitas fisik
Jika tekanan darah dirasa cenderung rendah dan menimbulkan sejumlah keluhan tekanan darah rendah, maka obat darah tinggi yang diberikan dapat disesuaikan baik jenis obatnya, dosisnya dan juga modifikiasi gaya hidup. Untuk itu sebaiknya tidak menghentikan obat rutin sendiri tanpa dilakukan evaluasi dan pengobatan terlebih dahulu.Tidak perlu khawatir juga mengenai mitos jika terlalu banyak atau sering minum obat akan menimbulkan masalah ginjal atau hati, karena untuk kondisi diabetes dan tekanan darah tinggi, jika tidak bisa dikelola dan dikontrol dengan baik justru akan mempercepat terjadinya komplikasi terlebih jika memiliki kondisi diabetes. Jadi bisa coba periksakan kondisi istri Anda pada dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan kondisinya dan disesuaikan obat yang diberikan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
diabeteshipertensitekanan darah tinggi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil