Penggumpalan Darah Paska Operasi Tulang

TA Info Penanya: TA, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, saudara saya ada yang mengalami cedera pasca operasi patah kaki. Operasi tersebut mengakibatkan penggumpalan darah kotor dan ada kemungkinan 10 thn ke depan akan mengalami kelumpuhan. Apakah itu bisa dicegah atau diobati dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, TA.

Saat pasien patah kaki dan memerlukan operasi, Dokter Spesialis Orthopedi (Bedah Tulang) akan menjelaskan kondisi penyakitnya, prosedur yang akan dilakukan, perawatan paska operasi dan komplikasi yang bisa terjadi.

Pasien akan dianjurkan untuk mobilisasi bertahap dan diberikan obat pengencer darah dengan tujuan untuk mencegah penggumpalan darah atau sumbatan pembuluh darah akibat bekuan darah. Tergantung dari lokasi sumbatannya memang bisa mengakibatkan kelumpuhan segera (bukan 10 tahun yang akan datang).

Sebaiknya konsultasikan dengan  Dokter Spesialis Bedah Vaskuler (bila sudah ada tanda kelemahan anggota gerak) untuk tatalaksananya. Untuk pencegahannya bisa didiskusikan langsung dengan Dokter Spesialis Orthopedi.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memancungkan hidung bayi dengan mencubit dan memijatnya hanyalah mitos.

Cara Memancungkan Hidung dengan Mencubit, Mitos Atau Fakta?

Belum ada penelitian yang membenarkan tindakan mencubit hidung bayi merupakan cara memancungkan hidung bayi secara alami. Tindakan tersebut malah bisa menimbulkan cedera.