Pengganti cairan tubuh setelah olahraga

WA Info Penanya: WA, Pria, 2018 Tahun
Assalamualaikum Dokter,Saya ingin bertanya, apa saja pengganti cairan tubuh yang baik setelah olahraga? Saya lari 3 kilometer dalam waktu 15 menit, setelah itu minum minuman yang mengandung elektrolit. Apakah baik untuk kesehatan? Atau lebih baik minum air mineral saja ? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Bapak WAM,

 

Berolahraga adalah tindakan positif yang baik untuk tubuh dan pikiran, tetaplah pertahankan dan lakukan secara rutin. Tujuan minum setelah olahraga adalah mencegah dehidrasi (rehidrasi) atau untuk mengganti energi yang hilang saat beraktifitas.

 

Untuk sebagian besar kegiatan di luar ruangan, minum air mineral akan cukup untuk menggantikan cairan yang hilang dari tubuh. Jika aktivitas olahraga berlangsung satu jam atau lebih, jus buah yang diencerkan dengan air atau minuman olahraga yang mengandung karbohidrat untuk energi ditambah mineral untuk menggantikan elektrolit yang hilang (natrium, kalium, magnesium) dari keringat. Minuman olahraga akanmemberikan tambahan energi untuk beraktifitas karena dirancang  untuk mengganti cairan dengan cepat dan meningkatkan gula (glukosa) yang beredar dalam darah Bapak.

 

Baca label di minuman olahraga untuk menentukan mana yang terbaik untuk Bapak. Idealnya, yang mengandung sekitar 14 gram karbohidrat, 28 mg potasium, dan 100 mg sodium per 8-ons. Karbohidrat minuman harus berasal dari glukosa, sukrosa, dan / atau fruktosa - yang semuanya mudah dan cepat diserap. Sebaiknya bukan cairan yang  berkarbonasi, karena gelembung dapat menyebabkan sakit perut.

Sebagian besar minuman olahraga diencerkan dengan baik dan mengandung relatif sedikit kalori. Jika Bapak suka dengan rasa minuman olahraga maka pakailah untuk tujuan mengganti kalori dan rehidrasi. Tapi jika tambahan kalori mengganggu Bapak, maka ganti dengan air mineral saja atau encerkan dengan air dan es sebelum diminum.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemanasan olahraga merupakan bagian penting untuk menunrunkan risiko cedera

Hindari Cedera Saat Berolahraga dengan Tips Ini

Cedera pada saat olahraga dapat terjadi pada siapa pun, untuk mencegahnya melakukan pemanasan dapat dipilih. 10 tips ini untuk menghindari cedera saat olahraga.