Setelah mens langsung berhubungan apa bisa hamil?

DS Info Penanya: DS, Wanita, 25 Tahun
Permisi dok, saya mau bertanya saya pernah berhubungan dengan suami sehari setelah mens, namun sperma di keluarkan di luar, dan keesokan harinya keluar bercak2 menstruasi, apakah mungkin bisa menghasilkan pembuahan? Karna 1minggu setelah berhubungan sering pusing, dan perut kembung, terimakasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DS,

Kehamilan terjadi bila Anda dan pasangan berhubungan seksual di masa subur. Hal ini terjadi karena ketika masa subur maka sel telur akan dilepaskan dan siap dibuahi oleh sperma, terlepas ejakulasi dilakukan di dalam atau di luar vagina. Karena cairan pra ejakulasi juga sudah mengandung sperma meski hanya sedikit, jadi tetap bisa membuahi. Namun tentunya bila ingin hamil, maka perlu berhubungan seksual di masa subur dan ejakulasi di dalam vagina untuk memperbesar kemungkinan keberhasilan.

Bila Anda berhubungan seksual setelah selesai haid kemudian terjadi flek-flek darah lagi maka kemungkinan flek yang keluar adalah sisa-sisa haid saja, atau adanya iritasi serviks, polip serviks, dll. Tidak mungkin flek tersebut akibat darah implantasi karena darah implantasi biasanya muncul setelah hari ke 6-12 setelah berhubungan seksual.

Perihal keluhan pusing, perut kembung bisa saja terjadi akibat Anda stres karena takut hamil, atau memang ada gangguan lambung, kurang makan, atau kurang tidur. Sebaiknya Anda tidak cemas berlebihan.

Yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi pusing dan perut kembung adalah:

  • Minum paracetamol untuk meredakan pusingnya.
  • Minum antacida biar perut tidak kembung.
  • Minum air jahe hangat dan hindari konsumsi makanan pedas, asam, kopi, soda.
  • Kendalikan pikiran Anda.

Bila Anda dan pasangan belum berencana memiliki anak, maka sebaiknya gunakan kondom atau KB agar tidak cemas terjadi kehamilan. Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemilihan KB yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara cepat hamil setelah haid adalah dengan berhubungan seksual di waktu yang tepat

Ingin Lekas Punya Momongan? Coba 10 Cara Cepat Hamil Setelah Haid Ini

Cara cepat hamil setelah haid dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut. Namun, bagaimana cara cepat hamil setelah haid selesai yang sebaiknya dilakukan Anda dan pasangan?