Tindakan apa yang akan dilakukan jika abortus?

TJ Info Penanya: TJ, Wanita, 28 Tahun
Hallo dok, saya Tressa. Tgl 20 juli kemarin saya USG niatnya ingin tau kondisi rahim saya karna mau promil. Terus dr tanya apa saya pernah telat haid. Kebetulan bulan juni saya telat 9 hari. Terus pas USG d rahim saya ada yg ngendap, dr bilang yg telat kemarin seharusnya jadi. Tapi keluar lagi. Terus saya d kasih obat untuk membersihkan rahim saya selama 10 hari dan kontrol lgi tgl 30. Tapi sampai sekarang ga ada apapun yg keluar. Apa itu artinya obatnya tidak mempan dan harus di kuret ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, TJ.

 

Keguguran atau abortus merupakan hal yang menyakitkan bagi para ibu yang sudah mendambakan akan kelahiran anak yang dinantinya. Abortus adalah kematian jaringan didalam rahim sebelum mencapai usia 20 minggu. Pernyebab secara pasti belum diketahui namun diduga akibat adanya kelainan kromosom yang menyebabkan kegagalan dari implantasi atau penempelan janin akibat reaksi ibu terhadap janin dan perkembangan plasenta yang terganggu.

Terkait dengan kasus yang sedang Anda alami kemungkinannya Anda mengalami abortus inkomplit. Pada abortus inkomplit sisa  jaringan janin tidak dapat keluar sepenuhnya sehingga masih tersisa didalam rahim.

Berikut ini merupakan faktor risiko yang menyebabkan terjadinya abortus inkomplit adalah sebagai berikut:

  1. Adanya penyakit infeksi, misalnya toxoplasma, citomegalovirus, rubella.
  2. Penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi.
  3. Masalah pada rahim seperti kista, mioma.
  4. Efek samping penggunaan obat tertentu misalnya steroid.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, kondisi saat ini bisa merupakan suatu abortus inkomplit sehingga Anda diberikan obat untuk mengeluarkan sisa jaringannya, perihal obatnya mempan atau tidak tergantung dari obat apa yang diberikan oleh dokter Anda, saran saya tetap kontrol kembali kepada dokter Anda ya. Apabila jaringan tidak dapat keluar setelah diupayakan menggunakan obat kemungkinan besar dokter akan melakukan tindakan medis kuretase.

Untuk sementara ini Anda istirahat total terlebih dahulu ya, kemudian makan banyak sayur dan buah, minum banyak air putih dan lain kali Anda harus mengetahui siklus haid Anda terutama jika sehabis melakukan hubungan seksual Anda tidak haid harus segera periksa ke dokter kandungan ya.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya aborsi terhadap rahim

Mengenal Bahaya Aborsi dan Hukumnya di Indonesia

Bahaya aborsi perlu diketahui agar Anda mempertimbangkan keputusan ini. Mulai dari infeksi rahim hingga depresi dapat terjadi setelah Anda melakukan aborsi.