Bagaimana agar dapat menaikkan berat badan?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Assalamualaikum dok,saya mau tanya,saya sudah minum susu mkn teratur knp saya gk bisa ideal ya dok,tetep aja cungkring,kurusPdhal saya tidak pernah minum obat"an,alkohol dll.makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SU

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Berat badan yang ideal merupakan idaman hampir setiap orang baik pria maupun wanita. Untuk dapat mengetahui berat badan yang ideal, kita perlu melakukan perhitungan Indeks masa tubuh (IMT). IMT adalah perbandingan dari berat badan dan tinggi badan seseorang. Adapun cara untuk menghitung IMT adalah: 

IMT = Berat badan (dalam satuan kg) : Tinggi badan 2 (dalam satuan cm)

Untuk penduduk Asia, IMT dikategorikan dalam beberapa kategori yaitu:

  • <18.5 Underwight
  • 18.5 - 22.9 Normal (healthy)
  • 23.0 - 24.9 Overweight
  • 25.0 - 29.9 Obesitas I
  • 30.0 - 34.9 Obesitas II
  • > 35  Obesitas III

Bila Anda termasuk kategori underweight atau berat badan kurang, maka Anda perlu menambah berat badan Anda agar memiliki berat badan yang ideal. Terkait dengan berat badan, harus diketahui kalori yang dibutuhan tubuh Anda, sehingga Anda dapat menghitung asupan kalori makanan yang Anda makan. Bila ingin menambah berat badan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih banyak daripada kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Adapun beberapa contoh makanan yang tinggi kalori untuk membantu menaikkan berat badan adalah beras (nasi), kacang-kacangan, minyak zaitun, buah alpukat, buah kering, ubi, dan juga polong-polongan.

Konsultasikan diri Anda dengan dokter spesialis gizi, untuk mengetahui kebutuhan kalori harian Anda. Sehingga Anda dapat memenuhi dan memberikan kalori tambahan bila ingin menaikkan berat badan Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan

Mengenal 8 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Buah srikaya terkenal akan daging buahnya yang legit dan manis. Tak hanya lezat, srikaya juga mampu melawan radikal bebas dan mencegah tekanan darah tinggi.