Pasca penggunaan KB suntik, apa madu dapat mempercepat kesuburan kembali ?

F Info Penanya: F
dok saya mau nanya, Kb suntik paling lama 1tahun normalnya terus kalo saya mengkonsumsi madu penyubur apakah kesuburan saya bisa cepat kembali???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, F.

KB suntik adalah kontrasepsi dengan komposisi obat hormonal yang diberikan melalui suntikan di area tertentu tubuh wanita. KB suntik memiliki dua jenis, yakni KB suntik periode 1 bulan dan periode 3 bulan. KB suntik banyak diminati karena dianggap parktis dan memiliki tingkat keberhasilannya mencapai lebih dari 99 persen. Kendati demikian, tidak ada KB yang sempurna dan KB suntik tetap memiliki efek samping yang salah satunya berupa jangka waktu cukup lama untuk kembali subur walau penggunaannya telah dihentikan. Umumnya jangka waktu tersebut dapat mencapai hitungan bulan hingga tahun.

Mengenai pertanyaan Anda, efek samping dari penggunaan KB suntik dapat mencapai hitungan tahun tetapi dapat berbeda pada setiap individu yang menggunakannya, terdapat beberapa kasus yang dapat kemabali subur sebelum satu tahun dan ada pula yang membutuhkan wkatu lebih lama untuk kembali subur.

Sedangkan untuk madu penyubur, terdapat beberapa penelitian yang mendukung dan bahkan telah berhasil membuktikan efektivitasnya terhadap kesuburan. Akan tetapi umumnya madu tersebut perlu digunakan pada kedua belah pihak dan kembali lagi dapat berbeda efeknya pada setiap individu. Hal tersebut berkaitan dengan berbagai faktor lain yang dapat mempengaruhi kesuburan dari setiap individu, seperti riwayta penyakit, riwayat penggunaan KB dan lain-lainnya.

Maka dapat disimpulkan madu penyubur terbukti efektivitasnya dalam meningkatkan kesuburan, namun tidak ada jaminan 100 persen.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai madu penyubur sebagai informasi yang lengkap untuk Anda.

Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.