Bagaimana agar bisa bergadang?

IQ Info Penanya: IQ, Pria, 28 Tahun
Doc, gimana cara menyesuaikan tubuh untuk bisa begadang? saya tiap kali telat tidur selalu sakit kepala, padahal pekerjaan sedang banyak-banyaknya. terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IQ,

Bergadang memang sesekali boleh dilakukan bila sedang banyak pekerjaan, namun tidak untuk dilakukan secara terus menerus. Karena kebiasaan bergadang akan merusak jam biologis tubuh dan menurunkan daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh menurun di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, maka akan sangat berbahaya dan lebih rentan untuk tertular virus corona.

Perihal kurang tidur dan menimbulkan sakit kepala keesokan harinya tentu saja hal yang wajar karena tubuh mengalami kelelahan. Tubuh memberi sinyal bahwa sedang mengalami kelelahan dan membutuhkan istirahat.

Bila Anda sedang sakit kepala, yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Usahakan untuk tidur secara teratur, dan minimal 8 jam setiap hari.
  • Sebisa mungkin kerjakan tugas di pagi hari, agar Anda tidak perlu bergadang. Karena berbeda hasilnya bila Anda tidur 8 jam saat subuh dan bangun siang, dengan tidur malam selama 8 jam dan bangun pagi, meski sama-sama 8 jamnya.
  • Pastikan untuk makan bila Anda sedang bergadang, setidaknya minum susu hangat untuk relaksasi tubuh.

Lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat bila Anda sudah tidak bergadang namun masih ada keluhan sakit kepala.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memakai penutup mata untuk tidur membuat sekeliling terasa gelap sehingga tubuh memproduksi semakin banyak hormon melatonin

Sepele Namun Penting, Ini Fungsi Penutup Mata untuk Tidur

Penutup mata untuk tidur penting untuk memaksimalkan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Hormon melatonin adalah hormon yang mempertahankan ritme sirkadian atau jam internal tubuh, sehingga kita bisa tahu kapan harus tidur dan kapan harus bangun.