Sehari bisa minum hingga 20 liter, apakah normal?

YM Info Penanya: YM, Pria
Saya sering buang air kecil dan sesudah buang air kecil langsung haus..sehari bisa minum air 20 liter..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YM,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Lebih dari 50% dari tubuh kita terdiri dari air. Sehingga, kita butuh minum air putih dalam jumlah cukup. Sistem dalam tubuh Anda membutuhkan air dalam menunjang kerjanya. Darah mengandung cairan untuk membawa nutrisi ke sel-sel dalam tubuh Anda, air juga diperlukan untuk membuang racun yang dihasilkan organ vital tubuh, air juga yang menciptakan lingkungan lembab untuk telinga, hidung, dan tenggorokan.

Kebutuhan air tiap orang bisa berbeda-beda. Rata-rata seseorang minum air putih 8 gelas sehari atau rata-rata 2-3 liter / hari. Apa saja yang mempengaruhi kebutuhan air minum seseorang :

  1. Aktivitas
    Jika Anda banyak melakukan aktivitas, seperti olahraga yang mengeluarkan banyak keringat, Anda butuh untuk minum lebih banyak air.
  2. Lingkungan
    Anda membutuhkan air lebih banyak saat cuaca sedang panas atau lembab karena Anda lebih banyak berkeringat pada saat ini.
  3. Penyakit atau kondisi kesehatan tertentu
    Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare tubuh Anda akan mengeluarkan lebih banyak cairan. Sehingga, pada saat ini Anda membutuhkan lebih banyak cairan yang masuk ke tubuh Anda.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan konsumsi air putih harian Anda sangat banyak, jadi wajar saja jika Anda mengalami keluhan sering kencing.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran perkemihan yang dapat menyerang kandung kemih, ginjal, dan saluran penghubungnya. Konsumsi obat antibiotik, perawatan di rumah sakit, banyak minum air putih, dan hindari kebiasaan menunda buang air kecil merupakan cara mengobati sekaligus mencegah agar infeksi saluran kemih tidak berujung pada komplikasi.