Pengeluaran sperma setiap kali BAB atau mengedan. apakah penyebabnya?

JS Info Penanya: JS
Assallammuallaikum saya joko usia 35th maaf saya mau tanya soal yg agak pribadi begini setiap kali saya BAB dan pada saat saya ngeden sering kali sperma saya ikut kluar dari kemaluan saya apa penyebabnya ya dan apa kah itu berbahaya untuk kesehatan saya...klau saya menduga apa penyebabnya karena saya sudah berbulan bulan tidak lagi berhubungan intim dengan istri saya sehingga sperma dalam tubuh saya menumpuk dan sudah lama tidak di kluarkan tolong beri saya penjelasan tentang apa yg terjadi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, JS

Terimakasih atas pertanyaannya.

Pengeluaran sperma normalnya terjadi saat ejakulasi, atau adanya rangsangan secara seksual pada seorang pria hingga mencapai klimaks. Jika pengeluaran sperma terjadi saat tidak adanya rangsangan secara seksual hal tersebut mungkin perlu mendapatkan perhatian medis. Beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya hal tersebut, yakni :

Pada kasus tertentu, hal ini dapat terjadi dikarenakan saat Anda mengejan kuat dalam hal ini ketika BAB, saraf-saraf yang mengatur proses pengeluaran sperma terangsang sehingga kelenjar penghasil sperma mengeluarkan sisa sperma yang terkumpul, atau dapat pula terjadi karena tertekannya tempat tersimpannya cairan sperma oleh kotoran yang keras atau besar.

Agar mendapatkan diagnosis dan penanganan yang sesuai dengan penyebab dari keluhan Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Andrologi.

Sementara hal yang dapat Anda lakukan yaitu mencegah konsistensi kotoran menjadi keras dengan diet tinggi serat yaitu memperbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah, serta mencukupi kebutuhan cairan (air putih) setiap harinya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih atas kepercayaan Anda pada aplikasi SehatQ

Salam Sehat

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memperbanyak sperma dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup dan pola makan

Jumlah Sperma Sedikit? Coba Cara Memperbanyak Sperma Ini

Cara memperbanyak sperma dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. Berikut tips gaya hidup dan menu makanan yang dapat dilakukan dengan mudah agar jumlah sperma Anda meningkat.