pengeluaran menstruasi darah berlebih ganti pembalut 2 jam siklus 5-6 hari

L Info Penanya: L, Wanita, 19 Tahun
Saya remaja berumur 20 tahun, selama beberapa tahun ini, ketika saya menstruasi darahnya keluar berlebihan, bahkan bisa ganti pembalut 2 jam sekali, tetapi siklus menstruasinya sebentar, paling 5-6 hari .Apakah itu berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, L

Pengeluaran darah menstruasi yang banyak tergantung peluruhan dinding endometrium, kondisi ini menjadi tidak normal jika pengeluaran sampai mengganti pembalut tiap 2 jam dan perdarahan lebih dari 80cc atau pengeluaran darah menstruasi lebih dari 7 hari. 

Keluar darah yang terlalu banyak selama menstruasi dapat membuat lemas karena anemia. Penyebab pengeluaran darah menstruasi yang banyak biasanya terjadi pada wanita dengan mioma uteri, polip servix, infeksi radang panggul, kanker rahim, sedang dalam konsumsi obat anti pembekuan darah seperti vit k inhibitor/warfarin, aspilet, clopidogrel. 

Saya sarankan selama pengeluran darah mens yang banyak anda perbanyak konsumsi makanan bergizi, mengkonsumsi multivitamin terutama zat besi Fe, asam folat, perbanyak minum air putih dan cukup istirahat.

Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan adakah masalah dalam rahim penyebab darah menstruasi yang banyak. 

Salam sehat

dr. Zulham Effendy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.