14 Sep 2021, 14:12Penyakit Lainnya

Pengaruh vaksin apakah mengganggu urin?

YP
Info Penanya: YP0
Mohon info dok apakah setelah vaksin boleh melakukan medical checkup (tes bebas narkoba)? Karna saya butuh surat bebas narkoba untuk syarat kerja. Yg ditakutnya hasilnya tidak sesuai dengan keadaan yg sebenarnya. Mohon bantu jawab dok. Tks
188 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo Y,Setiap vaksin akan memiliki efek samping yang disebut dengan KIPI yang kepanjangannya adalah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. KIPI bisa berupa demam, meriang, pusing, mual, dan umumnya dapat terjadi selama 1-2 hari pasca vaksin. Jika Anda mengalami keluhan ini, Anda boleh konsumsi obat sesuai gejala.

Tes narkoba tidak dipengaruhi vaksin

Vaksin corona merupakan virus yang sudah dimatikan sehingga tidak dapat menginfeksi tubuh. Selain itu tidak ada kandungan lain dari vaksin yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan laboratorium baik darah maupun urin. Reaksi pasca vaskin tidak akan mengganggu pemeriksaan medical check up Anda termasuk tes narkoba, untuk itu Anda tidak perlu khawatir.Pemeriksaan urin khusus untuk narkoba, sangat spesifik untuk setiap jenis narkoba yang di tes, sehingga sangat kecil untuk adanya kemungkinan kesalahan. Misalnya Anda tidak konsumsi narkoba jenis apapun maka hasilnya pasti negatif dan tidak dipengaruhi oleh makanan, lingkungan, maupun vaksin.Sebelum melakukan tes kesehatan, pastikan kondisi tubuh sedang fit. Jika ada keluhan lebih lanjut, Anda juga dapat berkonsultasi lewat chat dengan aplikasi dokter online kami ya.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
narkobacoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil