Pengaruh tas punggung dengan beban berat terhadap kesehatan tulang belakang

MY Info Penanya: MY, Pria, 23 Tahun
Siang, Dok.Dok, sering membawa beban berat di tas apakah ada efek samping terhadap kesehatan tulang belakang? Apakah pundak yang bungkuk ada pengaruh dari membawa beban di tas? Agar tidak bungkuk apa yang sebaiknya dilakukan? Apakah ada pengobatan atau terapi mengenai kondisi tersebut? Atau cukup dengan minum susu tinggi kalsium saja?Terimakasih Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak MY,

Penelitian terkini tentang hubungan membawa tas punggung (backpack / ransel) yang dapat menimbulkan rasa sakit dan gangguan lain di leher dan tulang belakang adalah dengan kondisi :

  • Berat tas punggung 10 % lebih berat dari Berat Badan pengguna
  • Tas dibawa pada satu sisi pundak saja
  • Dalam waktu lebih dari 30 menit

Bahkan setelah 30 menit beristirahat, kelengkungan tulang belakang pengguna tas punggung dengan kondisi diatas, belum pulih ke keadaan normal.

Tas punggung yang dipikul pada satu bahu akan mempengaruhi daerah panggul dan paha. Selain itu, bahu harus menanggung tekanan yang berat. Panjang tali tas di bahu juga memiliki dampak besar atas tubuh. Jika tali tas di bahu terlalu panjang, tas akan bertumpu pada paha atau lengan. Sehingga setiap melangkah akan memberikan beban pada lutut. Hal ini bila terjadi dalam waktu  lama, mengakibatkan salah satu tungkai menjadi lebih besar.

Berbeda dengan tas bahu, bila penggunaan tas yang dibawa hanya pada satu sisi pundak, dan berlangsung dalam waktu lama maka  dapat menimbulkan Skoliosis (yaitu tulang belakang melengkung berbentuk seperti huruf ‘S’).  Hal ini karena saat kita membawa tas berat di satu sisi pundak, lengkung alamiah leher yang membagi rata tekanan di tulang belakang terganggu. Tekanan ini menyebabkan nyeri kronis di leher, bahu, punggung bahkan sakit kepala.

Untuk menghindari akibat merugikan ini maka, kita dapat melakukan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Sesuaikan tas dengan ukuran tubuh Pengguna
  • Berat tas tidak melebihi Barat Badan Pengguna
  • Bawa tas punggung /ransel/backpack pada kedua sisi tubuh
  • Bila menggunakan tas slempang maka panggul tas bergantian ke sisi bahu yang lain setiap 5-10 menit sekali dan pilih tas yang memiliki tali lebar + bantalan busa.
  • Untuk anak – anak, sebaiknya dihindari penggunaan tas punggung dan tas sekolah yang terlalu berat karena akan mempengaruhi pertumbuhan tulang pada anak.

Minum susu segelas dalam sehari (susu skim, susu full cream) untuk orang tanpa gangguan kesehatan khusus, sudah cukup untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan kalsium.

Kunjungi Dokter Spesialis Ortopedi terdekat di kota Bapak, untuk berkonsultasi lebih lanjut bila diperlukan saja.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit punggung sebelah kiri yang terjadi berulang dan sangat parah pertanda gangguan di organ dalam

7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri yang Perlu Anda Waspadai

Ketika Anda merasakan sakit punggung pada bagian kiri, bisa menjadi salah satu pertanda ada gangguan di organ dalam. Penyebabnya pun bisa berbeda-beda. 7 penyebab sakit punggung sebelah kiri.