20 Mar 2021, 14:29Kandungan

Pengaruh minum soda pada Postinor?

AN
Info Penanya: AN0
Siang dok, saya mau tanya, kemarin malam alat kotrasepsi saya rusak ketika berhubungan intim dengan suami saya, dan saya belum siap untuk punya anak lagi, karna anak pertama saya baru berumur 1,5 tahun, untuk menghambat kehamilan jam 11 malem kemarin dan jam 9 pagi tadi saya minum minuman yang bersoda, lalu jam 11 siang tadi saya minum postinor, pertanyaan saya apakah masih bisa obat postinor bekerja sesuai fungsinya bila sebelumnya saya mengkonsumsi minuman bersoda?
263 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Sore AN,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Postinor merupakan obat kontrasepsi darurat yang di minum secara oral. Obat ini biasanya di minum jika wanita melakukan hubungan tanpa pengaman. Obat ini mengandung levonorgestel hormon progestin yang menghambat pelepasan sel telur setelah ovulasi.Obat ini harus segera diminum 2 tablet 72 jam setelah berhubungan. Sedangkan dosis ke dua di minum 12 jam setelah berhubungan.

Efek samping yang dapat terjadi :

  • Mual
  • Perdarahan setelah konsumsi obat
  • Nyeri atau tegang pada payudara
  • Sakit kepala
Konsumsi obat seharusnya menggunakan air putih, jika menggunakan teh, kafein, susu atau minuman soda dapat menyebabkan menghambat kerja obat terutama dalam penyerapan obat. Namun karena Anda minum soda 12 jam sebelum konsumsi obat, seharusnya tidak masalah. Jika Anda memiliki pertannyaan tekait obat ini Anda dapat menghubungi dokter kandungan terdekat dari lokasi Anda atau lakukan konsultasi online chat ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil