14 Jan 2021, 18:13Psikologi

Kenapa kepribadian tertutup?

NA
Info Penanya: NA0
Saya itu takut banget klo saya dinilai sama orang lain. Saya juga takut kalau kelemahan saya itu ditunjukkan pada semua orang. Saya gak mau sekolah umum. Saya pengen semuanya private. Saya juga pengen sendirian. Saya cuma pengen saya bisa mewujudkan impian saya tanpa ada yang mengetahui. Saya gak mau les atau apapun secara umum. Saya tidak ingin dinilai. Saat saya melakukan kesalahan, ibu saya memukul sya, entah di kepala, tangan ataupun kaki. Tak jarang juga, ada luka yang muncul.kira2 sya knp?
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang NA,Setiap orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda karena tentunya dibesarkan di lingkungan yang berbeda-beda pula. Tanpa disadari faktor lingkungan akan membentuk kepribadian Anda.Perihal kondisi Anda yang suka menyendiri dan sering berpikir orang-orang akan membicarakan kejelekan Anda, maka tentunya sudah tidak wajar. Setiap orang tentunya akan nyaman berada di dalam zona nyamannya sendiri, namun manusia sebagai makhluk sosial tentunya tidak mungkin mengurung diri sepanjang hidupnya tanpa berinteraksi dengan orang lain. Sehingga pelan-pelan Anda perlu merubah cara pandang Anda terhadap diri sendiri dan orang lain. Karena tidak semua hal buruk yang Anda takutkan atau cemaskan akan terjadi.

Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi pikiran negatif tersebut adalah:

  • Coba berbincang dengan seseorang untuk membuka wawasan Anda.
  • Lakukan hal yang menyenangkan agar Anda tidak stres.
  • Sadari bahwa Anda tidak mungkin selamanya hidup mandiri seorang diri tanpa bantuan orang lain.
  • Anda tidak bisa selamanya mengandalkan orang tua Anda, suatu saat Anda akan membutuhkan bantuan orang lain.
  • Lakukan olahraga agar pikiran Anda dan tubuh Anda lebih bugar.
Lakukan konseling ke psikiater agar masalah Anda segera teratasi dengan baik. Karena semakin dibiarkan maka Anda akan semakin menutup diri dan tentunya Anda akan semakin merasa tidak nyaman dengan kehadiran orang-orang di sekitar Anda.Salam sehat,dr. Vina
gangguan mentalmasalah kejiwaanstres
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil