Pengaruh mandi di siang hari dengan munculnya panu.

YT Info Penanya: YT, Wanita, 24 Tahun
Panu muncul di punggung saya, saya perhatikan muncul bila saya sering mandi di siang hari. Apakah betul ada mandi di siang hari dapat menimbulkan panu ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam YT,

Panu merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan bercak berwarna putih, kemerahan atau kecoklatan yang disebabkan oleh infeksi jamur. Bercak ini akan sedikit menimbulkan sisik dan terasa gatal, dan akan semakin bertambah gatal ketika sedang berkeringat. Selain panu, eksim juga dapat menimbulkan bercak keputihan yang menyerupai dengan panu.

Karena panu berhubungan dengan infeksi jamur, maka tidak ada kaitan antara sering mandi di siang hari dengan munculnya panu. Panu akan semakin bertambah banyak bila tidak menjaga kebersihan kulit dengan baik, sering berkeringat, menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Cara penanganan panu sendiri yang utama adalah menjaga kebersihan kulit, selain itu perlu juga pemakaian salep anti jamur.

Namun yang terpenting adalah Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk memastikan apakah itu panu atau penyakit kulit lainnya, karena penanganannya akan berbeda-beda tergantung penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.