09 Oct 2021, 19:05Penyakit Lainnya

Pengaruh konsumsi obat banyak terhadap frekuensi BAK

TP
Info Penanya: TP0
Malam dok. Sudah 1 minggu lebih GERD saya kambuh dan disertai demam. Obat-obat an yang saya konsumsi sangat banyak sekali, kurang lebih ada 5/6 macam. Setelah saya mengkonsumsi obat-obat an tersebut sampai saat ini tingkat frekuensi buang air kecil saya meningkat. Disamping itu, saya juga banyak mengkonsumsi air mineral/tiap harinya. Apakah ada pengaruh mengkonsumsi obat-instan berlebih terhadap kondisi ginjal dok? Dan apakah hal tersebut normal?
109 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat pagi, TP.Untuk mengatasi gejala atau keluhan suatu penyakit memerlukan tindakan terapi, salah satunya terapi medikamentosa (obat-obatan medis). Setiap kandungan obat pasti memiliki kegunaannya masing-masing. Bagaimana bila mengonsumsi obat berlebihan? Tentunya akan berpengaruh kepada organ tubuh kita. Berikut penjelasannya?

Tanda terlalu banyak minum obat :

  • Sulit mengatur jadwal minum obat. Terlalu banyak obat membuat kita sulit untuk mengikuti jadwal minum obat tersebut.
  • Adanya gejala baru. Hal ini dapat disebabkan karena interaksi obat yang diminum. Seperti badan terasa lemas, denyut jantung tidak teratur, gangguan pada saluran cerna, timbul masalah kulit, kemampuan otak menurun.
  • Nyeri sendi dan nyeri otot. Ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan nyeri pada tubuh seperti obat penurun kolesterol.
  • Gangguan psikologis. Minum obat terlalu banyak dapat menyebabkan perubahan mood bahkan depresi.
  • Keliru minum obat
Dari kondisi yang disebutkan keluhan sering BAK (Buang Air Kecil) dapat disebabkan karena asupan intake air yang anda minum banyak sehari-harinya. Namun tidak menutup kemungkinan merupakan gejala baru akibat interaksi obat. Konsultasikan kembali mengenai obat mana yang perlu dan yang sekiranya tidak perlu diminum kepada dokter anda. Serta dapat melakukan pemeriksaan fungsi ginjal anda. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
gerdminum obatpenyalahgunaan obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil