24 Jun 2020, 21:33Penyakit Lainnya

Apakah arti dari rapid test reaktif?

WO
Info Penanya: WO, Wanita0
Halo dok saya mau tanya, jika seseorang mengalami sakit seperti hanya flu (biasa) atau hanya demam atau hanya batuk atau pernafasan tersumbat karena penyakit bawaan seperti asma dan seseorang tersebut ingin melakukan tes rapid apakah akan mempengaruhi hasil tes-nya menjadi reaktif dok? Karna tetangga saya hanya mengalami demam biasa dan melakukan rapid tes hasilnya menjadi reaktif. Mohon di jawab ya dok. Terimakasih ?
54632 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, W.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Rapid test atau tes serologi adalah pemeriksaan yang digunakan untuk mengetahui apakah darah orang tersebut mengandung antibodi yang menandakan bahwa orang itu sedang atau pernah mengalami infeksi atau tidak. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari ujung jari. Rapid test tidak dapat digunakan untuk mengetahui apakah ada virus corona pada tubuh Anda atau tidak. Namun, pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi apakah ada antibodi IgM dan IgG yang sedang bertugas melawan virus corona atau tidak. Selain COVID-19, penyakit yang membutuhkan pemeriksaan ini yaitu penyakit DBD, hepatitis B, virus zika, dan chikungunya. 

Kemungkinan yang terjadi saat rapid test reaktif 

Jika hasil rapid test reaktif atau positif, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada tubuh tetangga Anda ini, yaitu:
  • Pasien sedang terinfeksi virus corona dan daya tahan tubuhnya sedang melawan virus tersebut. 
  • Pasien sudah lama terinfeksi virus corona dan daya tahan tubuh masih berjuang melawan virus ini.
  • Pasien pernah mengalami infeksi virus corona dan daya tahan tubuh sudah berhasil melawannya. 
  • Pasien terinfeksi virus lain yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas. 
Untuk itu, jika hasil rapid test ini positif, maka diperlukan pemeriksaan lanjutan yaitu PCR sebanyak dua kali selama 2 hari. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa tetangga Anda benar terinfeksi virus corona atau tidak. Lalu, tetangga Anda disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah dan tetap melakukan physical distancing dengan orang rumah. Salam sehat,dr. Ester
tren kesehataninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil