Pengaruh dari sering konsumsi es krim dan minuman dingin. Timbul nyeri perut bawah ketika haid?

WE Info Penanya: WE
Selamat malam dok. Saya seorang wanita usia 23 tahun. Saya mau tanya dok, apakah ada pengaruhnya jika kita sering konsumsi ice krim, minum air putih (pokoknya minuman dingin) dengan Efek sakit perut bagian bawah ketika datang Bulan. Soalnya saya sering merasakannya dok, dan sakitnya bisa selama 1 sampai 2 hari.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WE.

Gejala yang Anda alami disebut kram saat menstruasi, yang sering dirasakan wanita. Ketika sel telur tidak dibuahi, rahim melakukan kontraksi untuk mengeluarkan lapisan yang tidak tertanam oleh sel telur yang dibuahi. Lapisan tersebut akan dibentuk kembali dari awal.

Proses kram tersebut dipengaruhi prostaglandin zat kimia yang terbentuk di dalam lapisan rahim pada saat menstruasi. Mengakibatkan timbulnya kontraksi otot dan kram yang menyerupai nyeri saat melahirkan. Selain itu juga mengakibatkan mual dan diare.

Kontraksi mengakibatkan lapisan rahim yang tidak ditanam janin (endometrium) kehilangan pasokan darah sehingga akhirnya meluruh dan keluar saat menstruasi.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai 8 Cara Alami Atasi Kram Perut Akibat Menstruasi untuk lebih jelasnya. Jika sakit berlanjut atau sampai timbul demam atau muntah. Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan

Sakit Perut Saat Haid Mengganggu? Kenali Berbagai Penyebabnya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Kenali penyebab nyeri haid Anda dan atasi dengan cara menghilangkan sakit perut saat haid berikut ini.