Kenapa anak batuk terus?

KR Info Penanya: KR, Wanita, 26 Tahun
hallo dok.. sya mau tanya kenapa ya di setiap sya berobat untuk anak pake layanan bpjs kesehatan ga pernah sembuh. sekarng sya udah 2balik berobat,yg sembuh panas nya aja,batuk pileknya masih.. buat apa gtu sya tiap bulan harus bayar tpi di stiap sya pake layanan itu hasil nya tidak sama sekali memuaskan. terimakasih dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KR,

Sebenarnya pengobatan menggunakan biaya sendiri sebagai pasien umum atau pengobatan menggunakan fasilitas BPJS tidak terlalu berbeda jauh.

Yang membedakan pengobatan menggunakan fasilitas BPJS adalah :

  • Pada pasien BPJS menggunakan obat-obatan generik, dan sesuai dengan ketersediaan yang ada di fasilitas kesehatan tersebut.
  • Untuk pemeriksaan laboratorium atau pemeriksaan spesialis membutuhkan surat rujukan, sehingga tidak bisa begitu saja langsung periksa. Harus sesuai dengan indikasi yang ada.
  • Penggunaan vitamin pada pasien BPJS juga terbatas karena terkadang tidak masuk ke dalam daftar formularium nasional.

Untuk keluhan batuk pilek yang tidak sembuh-sembuh bisa disebabkan oleh :

  1. Asam lambung yang naik ke tenggorokan (GERD). Adanya asam lambung akan memicu iritasi tenggorokan sehingga akan merangsang batuk.
  2. Alergi. Adanya alergi bisa memicu batuk dan pilek yang susah sembuh. Faktor pemicu alergi bisa beragam seperti alergi makanan (telur, seafood, kacang), debu, serbuk, bunga, cuaca dingin, dll.
  3. Infeksi TBC. Selain batuk yang tidak kunjung sembuh, juga muncul keluhan tidak napsu makan, berat badan turun, sering demam tanpa sebab yang jelas, atau berkeringat di malam hari.

Jadi faktor batuk yang tidak sembuh-sembuh, bukan semata-mata karena pengobatan menggunakan fasilitas BPJS ya bu.

Bila keluhan batuk dan pilek tidak kunjung sembuh, sebaiknya ibu melakukan pemeriksaan ke dokter Anak, dan melakukan pemeriksaan foto rontgen dada atau cek darah untuk anak Ibu. Selain itu pastikan anak Anda menggunakan masker, dan beri makanan berkuah hangat dan banyak minum air putih.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Suara tarikan napas kencang (whoop) di awal atau sela-sela batuk tiada henti merupakan ciri khas batuk rejan

Batuk Rejan Sangat Menular dan Berbahaya Bagi Bayi serta Anak-anak

Gejala batuk rejan pada orang dewasa seringkali disangka batuk biasa dan berisiko menular pada bayi serta anak. Batuk rejan pada bayi bisa menyebabkan sulit bernapas. Penyebab batuk rejan adalah bakteri bordetella pertussis.