penebalan dinding rahim bisa sebabkan kemandulan benarkah?

HR Info Penanya: HR
Sore dok, memangnya benar ya penebalan dinding rahim bisa sebabkan kemandulan? Mohon penjelasannya ya dok, trims.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HR,

Penebalan dinding rahim adalah kondisi abnormal pada organ reproduksi wanita dimana endometrioum menjadi lebih tebal tetapi tidak luruh saat terjadi menstruasi. Kondisi ini bisa menimbulkan sejumlah gejala seperti:

  • Masalah menstruasi seperti perubahan siklus menstruasi yang lebih cepat
  • Menimbulkan perdarahan diluar masa menstruasi
  • Menstruasi yang lebih panjang atau menimbulkan menorrhagia
  • Bisa tetap menimbulkan perdarahan seperti menstruasi di masa menopause

Adanya masalah pada endometrium ini bisa menimbulkan kesulitan untuk hamil. Beberapa gangguan pada endometrium yang bisa menyebabkan kesulitan hamil diantaranya adalah endometriosis atau pertumbuhan abnormal jaringan dinding rahim di luar rahim, penebalan dinding rahim atau disebut endometrial hyperplasia, dan kanker dinding rahim. 

Apabila ada penebalan dinding rahim bisa menyebabkan sel telur yang dibuahi kesulitan untuk menempel di dinding rahim. Kondisi penebalan dinding rahim bisa dilihat melalui pemeriksaan USG.

Penyebab penebalan dinding rahim sendiri bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah ketidakseimbangan hormonal, pertambahan usia terutama diatas 35 tahun, masalah berat badan seperti berat badan berlebih, ataupun penyebab lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anemia sel sabit pada pria bisa menyebabkan priapismus, infertilitas hingga gangguan ginjal pada pria.

Anemia Sel Sabit pada Pria Picu Infertilitas

Anemia sel sabit dapat dialami oleh pria dan wanita, tetapi pada pria, anemia sel sabit dapat memicu infertilitas dan dampak negatif lainnya. Meskipun belum ada obatnya, anemia sel sabit dapat ditangani dengan pemberian antibiotik.