24 Feb 2021, 16:06Penyakit Lainnya

Bagaimana cara menjadi pendonor?

RL
Info Penanya: RL0
Emang dmn dok kalo sy ingin mendonorkan sy harus ke RS ato gmn?
483 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, RL.Donor adalah memberikan sesuatu secara sukarela, tanpa paksaan apapun. Dalam konteks medis, donor berarti menyumbangkan bagian atau organ tubuh, baik saat masih hidup ataupun ketika sudah meninggal. Beberapa jenis donor yang cukup populer misalnya donor darah, donor mata, dan donor ginjal.

Cara Menjadi Pendonor

Terkait pertanyaan Anda, sangat disayangkan Anda tidak mencantumkan donor apakah yang Anda maksud. Pasalnya, tiap-tiap jenis donor memiliki cara dan ketentuan yang berbeda. Dari tiga donor populer yang diuraikan di atas, berikut caranya:

1. Cara donor darah

Anda perlu untuk datang ke PMI daerah dan menyampaikan niat baik tersebut. Nantinya, Anda akan diberikan formulir pendaftaran dan menandatanganinya. Kemudian, akan dilakukan pemeriksaan terkait kondisi fisik dan darah Anda. Apabila memenuhi syarat, maka darah akan diambil dan disimpan di 'bank darah', agar nantinya dapat diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

2. Cara donor mata

Anda dapat mendaftar untuk menjadi donor mata secara daring di situs Bank Mata. Nantinya, Anda juga akan diberikan surat untuk ditandatangani, dan mengisi formulir. Dengan setuju terhadap isi surat, Anda menyatakan bahwa Anda akan memberikan mata Anda kepada orang yang membutuhkan saat sudah meninggal nanti.

3. Cara donor ginjal

Anda dapat datang ke rumah sakit, lalu akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan meliputi kondisi fisik dan ginjal Anda, serta kecocokan dengan penerima (resipien). Anda dapat memberikan donor secara langsung (untuk orang tertentu) maupun secara altruistik (kepada orang yang belum dikenal tapi sangat membutuhkannya). Semoga bermanfaat.Salam sehat,
dr Sylvia
donor ginjalproses donor ginjaldonor darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil