Penderita Sinusitis Mengalami Sakit Pada Persendian

YF Info Penanya: YF, Pria, 39 Tahun
Selamat Pagi Dok, Istri saya yang menderita penyakit Sinusitis sedang mengalami rasa sakit pada persendian bagian sikut dan kaki, lalu keram pada tangan. Pertanyaannya :1. Apa sinusitis bisa disembuhkan total dengan obat dokter?2. Kira-kira sakit apa yang menyebabkan nyeri sendi tersebut?Penyakit tersebut sesuai pemeriksaan dan Foto Kepala di Surabaya. Terima Kasih Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak Y,

Sinus adalah merupakan rongga udara di daerah wajah yang terhubung dengan hidung. Terdapat empat pasang sinus hidung, yaitu :

  • Dua sinus frontalis di dahi (di atas mata)
  • Dua sinus maksilarisyang berada dimasing-masing tulang pipi.
  • Sinus ethmoid, sekelompok rongga dibalik jembatan hidung.
  • Sinus sphenoid, di belakang sinus ethmoid, dan di bawah otak.

Semua rongga sinus terhubung ke hidung untuk memungkinkan pertukaran bebas dari udara dan lendir. Infeksi atau alergi membuat jaringan sinus meradang, merah, dan bengkak. Kondisi ini disebut Sinusitis. Sinusitis menyebabkan penimbunan lendir di rongga sinus dan menjadi tempat untuk pertumbuhan bakteri.

Gejala sinusitis yang dapat dirasakan yaitu :

  • Nyeri dan merasa tertekan pada wajah, sifat nyeri tumpul berdenyut
  • Nyeri di dahi atau sakit kepala.
  • Nyeri pipi dapat menjalar ke gigi di rahang atas.
  • Nyeri di antara mata, dibelakang mata, puncak kepala, atau sepanjang tengkuk.
  • Hidung tersumbat, banyak lender dan batuk
  • Berkurang indra penciuman & pengecap

Sinusitis yang disebabkan oleh infeksi tentu saja dapat disembuhkan sempurna dengan pengobatan yang sesuai, yaitu dengan pemberian obat antiradang dan antibiotika bila diperlukan. Dapat juga disembuhkan dengan jalan operasi bila tidak membaik dengan pengobatan lainnya.

Namun bila sinusitis disebabkan oleh alergi, yang adalah reaksi hipersensitif terhadap suatu alergan atau pencetus alergi seperti debu, makanan, udara dingin dll. Sinusitis jenis ini sukar disembuhkan dan sering berulang. Yang dapat dilakukan adalah mencegah kontak dengan alergan dan meningkatkan daya tahan tubuh seperti olahraga dan minum vitamin C 500mg setiap hari.

Saran kami sebaiknya segera mengunjungi Dokter Spesialis THT terdekat di kota Bapak untuk konsultasi lebih lanjut.

Selanjutnya untuk keluhan sakit pada persendian, dapat saja disebabkan oleh beberapa penyakit yaitu :

  • Rematik (arthritis gout) disebabkan karena peningkatan kadar asam urat darah. Gejala awal dari artritis gout adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada  sendi yang tipikal dan tiba-tiba. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. 
  • Osteoartritis (OA) adalah kelainan sendi kronis (jangka lama) dimana terjadi proses pelemahan dan disintegrasi dari tulang rawan sendi yang disertai dengan pertumbuhan tulang dan tulang rawan baru pada sendi. Kelainan ini merupakan suatu proses degeneratif pada sendi yang dapat mengenai satu atau lebih sendi. Umumnya OA dialami oleh mereka yang berusia lanjut. OA dapat menyerang semua sendi, namun predileksi yang tersering adalah pada sendi-sendi yang menanggung beban berat badan seperti panggul, lutut, dan sendi tulang belakang bagian lumbal bawah.

Untuk lebih jelasnya, kami menyarankan supaya Bapak dapat mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam Sub Bagian Rheumatologi untuk konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

AD
18 Nov 2019, 15:15
Mas, saya juga menderita sinusitis dan sendi-sendi saya juga pada sakit. apakah ada pengaruhnya? mungkin efek dari obat-obatannya? karena sakit di sendi saya ini munculnya setelah saya melakukan treatment pengobatan sinusitis ini (konsumsi obat dan fisioterapi)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Naiknya berat badan, membuat nyeri sendi pada ibu hamil menjadi kondisi yang sering terjadi

5 Cara Mengatasi Nyeri Sendi pada Ibu Hamil Secara Alami

Nyeri sendi pada ibu hamil adalah hal yang biasa terjadi. Namun, tentu kondisi ini sangatlah mengganggu dan menghambat kegiatan sehari-hari. Beruntung terdapat berbagai cara untuk mengatasinya baik secara alami maupun dengan obat-obatan.