Penderita penyakit paru-paru? hindari makanan dan minuman ini

I Info Penanya: I, Pria, 30 Tahun
Hai Dokter,Makanan dan minuman apa yang harus dihindari dan disarankan untuk penyembuhan pada pasien yang mengalami sakit paru-paru? Mohon jawabannya.Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak I,

Untuk para pasien yang menderita penyakit pada paru –paru, maka energi yang dibutuhkan untuk bernapas menjadi lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sehat.

Untuk itu memperoleh asupan gizi dan nutrisi yang baik, sangat dibutuhkan oleh para penderita penyakit paru.

Disrankan untuk mengkonsumsi makanan dengan diet yang sehat dans eimbang, dengan aturan sebagai berikut :

  1. Makanlah karbohidrat seperti gandum utuh, beras merah dan juga biji-bijian yang mengandung serat tinggi sehingga membantu meningkatkan fungsi penccernaan. 
  2. Konsumsi protein rendah lemak seperti daging unggas dan terutama ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, makarel dan sarden.
  3. Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar karena mengandung vitamin, mineral dan serat yang akan membantu kesehatan tubuh Anda.
  4. Perhatikan jenis minuman yang diminum, sebaiknya minum air putih minimal 2 liter perhari. Hindari minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh atau coklat. Hindari minum minuman bersoda dan mengandung alkohol.
  5. Makanan – makanan yang harus dihindari adalah :
  • Garam atau sodium, terlalu banyak garam dalam makanan menyebabkan tubuh kekurangan air, dan menghambat proses pernapasan dan kerja paru-paru.
  • Apel, alpukat dan melon dapat menyebabkan perut kembung dan menghambat proses pernapasan.
  • Beberapa jenis sayuran yaitu kacang-kacangan, kubis, kembang kol, jagung, daun bawang, bawang, kacang polong, paprika, dan juga kedelai.
  •  Susu dan produk susu, Beberapa produk susu biasanya dapat memperparah batuk berdahak seperti keju. Namun jika Penderita tidak alergi terhadap produk susu maka tetap dapat dikonsumsi.
  • Coklat, dapat mempengaruhi kineja obat yang diberikan, jadi sebaiknya konsultasikan dengan Dokter terlebih dulu.
  • Sebaiknya hindari makanan yang digoreng

Pastikan kecukupan gizi untuk Penderita dengan cara mengukur Barat Badan normal, jaga supaya tubuh tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi buah yang kaya vitamin, mineral, serta serat, demi kesehatan janin.

Daftar Buah-Buahan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Kurangnya asupan nutrisi saat hamil dapat menyebabkan perubahan permanen metabolisme janin di dalam rahim. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin, mineral, serta serat.