Apakah pantangan makanan infeksi saluran cerna?

SS Info Penanya: SS
selamat siang Dok, Ibu saya 89th penderita infeksi saluran pencernaan. sy sering bingung utk menu makan beliau. Apakah : kangkung, bayam, labu siam, wortel, brokoli, tauge, tahu, tempe, jamur, kue bolu (cake) boleh dimakan oleh Beliau ? mohon saran
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Infeksi saluran pencernaan adalah salah satu keluhan yang sering timbul, baik disebabkan oleh infeksi virus, bakteri ataupun parasit. Seringkali infeksi terjadi karena mengonsumsi makanan atau minuman yang tercemar, pengolahan makanan dan minuman yang kurang bersih, kurang menjaga kebersihan diri ataupun juga alat makan yang terkontaminasi.

Gejala infeksi saluran pencernaan

Gejala infeksi saluran pencernaan yang sering terjadi adalah seperti:

  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Kembung atau perut begah
  • Sakit perut
  • Diare
  • Sendawa
  • Perubahan warna tinja

Untuk makanan sendiri perlu disesuaikan dengan jenis infeksi yang terjadi, jika ada infeksi bakteri maka sebaiknya hindari makanan yang terbuat dari ragi seperti roti, tempe, cake, ataupun makanan tinggi serat jika terjadi diare. Upayakan memberikan cukup cairan dan juga makanan yang diolah dengan baik dan bersih, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta perlu memperhatikan pola makan.

Perlu juga mengonsumsi obat yang diberikan dokter terutama untuk mengatasi infeksi seperti antibiotik misalnya jika penyebabnya adalah infeksi bakteri dan juga obat lain untuk mengatasi gejala yang timbul. Apabila ada penyakit lain yang diderita maka obat rutin jangan sampai terlupakan. 

Apabila tidak ada perbaikan kondisi, sulit makan atau sering kali muntah maka perlu kembali diperiksakan pada dokter spesialis penyakit dalam dan perlu dihindari jangan sampai terjadi dehidrasi atau kekurangan asupan makanan. Perlu dilakukan perawatan jika sampai terjadi hal demikian. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi diare pada anak usia 3 tahun bisa dilakukan di rumah.

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Diare pada Anak Usia 3 Tahun

Cara mengatasi diare pada anak usia 3 tahun ternyata bisa dilakukan tanpa obat. Namun dalam kondisi tertentu, obat-obatan diperlukan.