penderita hipertensi pernah mencapai 240, sering pusing dan gangguan keseimbangan vertigo

HM Info Penanya: HM, Wanita, 48 Tahun
Saya penderita hipertensi, pernah mencapai 240 secara tiba tiba tpi tiba tiba turun lagi, dan sekarang sering pusing dan hampir hilang keseimbangan seperti vertigo apa yang harus saya lakukan selanjutnya supaya penyakit saya sembuh, makasie..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore HM

Kondisi tekanan darah tinggi sistol diatas 180 atau diastol diatas 110 dapat menjadi tanda hipertensi yang berbahaya, jika tekanan darah tinggi tersebut disertai gangguan keseimbangan, kelemahan anggota gerak, sesak nafas, nyeri kepala, nyeri dada maka menjadi kondisi hipertensi emergensi yang berbahaya karena dapat mencederai organ target dan harus segera di turunkan dalam satu jam hingga 24 jam selanjutnya. 

seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi terkadang tidak menunjukkan gejala, namun jika telah memiliki riwayat hipertensi, keluhan pusing gangguan keseimbangan dan vertigo dapat menjadi tanda tekanan darah anda sedang tinggi. Sehingga harus di turunkan. Dengan mengkonsumsi obat hipertensi dan menurunkan tekanan darah biasanya keluhan anda dapat berkurang dan hilang. 

Sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter, tekanan darah sistol harus diturunkan hingga dibawah 140 dan diastol kurang dari 90. Konsumsi obat darah tinggi seperti golongan ACE inhibitor captopril atau ccb amlodipin dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan dan memperbaiki keluhan anda, meminum obat antihipertensi dapat dilakukan secara bertahap hingga dosis minimal dan mencapai tekanan darah normal.

Seseorang dengan hipertensi juga harus menjaga kesehatan dengan mengurangi konsumsi makanan asin dan belemak, dengan menurunkan berat badan dan melakukan olahraga rutin karena dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tekanan darah tinggi menjadi penyabab gagal jantung ketika pembuluh darah menyempit

Harus Waspada, Tekanan Darah Tinggi dapat Menjadi Penyebab Gagal Jantung

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebagai salah satu penyebab gagal jantung. Tekanan darah tinggi menjadi penyabab gagal jantung ketika pembuluh darah menyempit.