Penderita hiperhidrosis sejak kecil

UA Info Penanya: UA, Wanita, 15 Tahun
Halo.. saya penderita hiperhidrosis sejak kecil dan sampai sekarang saya berusia 15 tahun...bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada obat khusus?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi UA,

Hiperhidrosis merupakan kondisi dimana terjadi keringat berlebih. Penyebabnya bisa beragam mulai dari kondisi lingkungan, kondisi psikis diri ataupun adanyanya gangguan atau penyakit lain. Jika tidak dikelola dengan baik, hiperhidrosis bisa memicu terjadinya infeksi kulit dan juga bisa membuat rasa tidak nyaman saat bersosialisasi yang bisa menimbulkan gangguan pikiran seperti menjadi stres.

Untuk mengatasi hiperhidrosis ada baiknya UA mengatakan pada orang tua agar diantar ke dokter kulit. Penanganan sendiri bisa dengan memakai antiperspiran khusus, menjauhi pemicu keringat, dengan obat khusus atau juga bisa dilakukan penyuntikan obat agar menghambat kerja kelenjar keringat atau juga bisa dilakukan operasi untuk mengangkat kelenjar keringat sehingga tidak lagi memproduksi keringat berlebih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang tua dan guru bisa bantu hilangkan stigma buruk tentang anak dengan albinisme.

3 Tips Ampuh untuk Tingkatkan Percaya Diri Anak dengan Albinisme (Albino)

Mendapatkan perlakuan yang berbeda dari lingkungan sekitar, bisa membuat anak dengan albinisme menjadi kurang percaya diri, saat ingin berkomunikasi dengan teman sebaya. Sebagai orangtua dan orang terdekatnya, Anda bisa lakukan ketiga tips ini untuk tingkatkan rasa percaya diri mereka.