Test pack positif tetapi perdarahan dan saat USG tidak ada kandungan

SU Info Penanya: SU, Wanita, 19 Tahun
Dok, saya mau tanya, kan sudah ditespek positif hamil, lalu pendarahan terus sudah 2 minggu, lalu saya USG tapi di hasil USG tidak ada kandungan, lalu dicek lagi di tempat dokter itu dan hasilnya pake tespek positif. Bagaimana ini dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Test pack yang positif menandakan adanya aktivitas hormon kehamilan (hCG) yang meningkat secara signifikan. Hal ini dapat mengindikasikan adanya proses kehamilan yang terjadi pada alat reproduksi Anda. Namun, demikian, selain kehamilan normal pada umumnya dapat pula tejadi gangguan kehamilan seperti kehamilan ektopik, kehamilan anggur atau bahkan keguguran yang juga dapat meningkatkan produksi hormon kehamilan.

Mengenai test pack yang positif tetapi mengalami perdarahan selama dua minggu, dapat disebabkan oleh kehamilan yang gugur pada masa yang masih sangat dini atau dikenal dengan istilah kehamilan kimiawi. Keadaan tersebut terjadi saat sel telur yang telah dibuahi oleh sperma tidak dapat menempel pada dinding rahim atau melakukan implantasi dengan baik sehingga tidak terjadi perkembangan lebih lanjut. Hal ini berhubungan juga dengan hasil pemeriksaan USG Anda tidak menunjukan gambaran kantong kehamilan ataupun gambaran perkembangan kandungan dan janin.

Jika benar telah terjadinya gangguan kehamilan ataupun proses keguguran, test pack dapat masih memberikan hasil yang positif selama 4-6 minggu kedepan. Namun demikian, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan keadaan Anda. Ada baiknya untuk kembali pada dokter Kandungan Anda agar dapat dilakukan USG ulang dan penanganan lanjutan bagi perdarahan yang Anda alami. 

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perdarahan uterus abnormal adalah kondisi yang menyebabkan perdarahan vagina saat Anda sedang tidak menstruasi atau haid

Perdarahan Uterus Abnormal, Perdarahan Vagina yang Tak Boleh Diabaikan

Perdarahan uterus abnormal (abnormal uterine bleeding) adalah kondisi yang menyebabkan perdarahan vagina saat Anda sedang tidak menstruasi atau haid. Apa penyebabnya dan bisakah kondisi ini diobati?