27 Feb 2021, 07:35Kandungan

Apa saja penyebab perdarahan rahim?

K
Info Penanya: K0
Assalamu'alaikum dokter, Ibu saya saat ini usia 52 tahun, janda, ibu saya mengalami pendarahan pada tahun 2019 dan sudah dikuret tiga kali, terakhir pertengahan Februari 2021 ini. Sebenernya apa yg terjadi dengan ibu saya yaa dok? Kenapa ibu saya mengalami pendarahan terus menerus? Bahkan pendarahan tersebut diakui ibu saya sangat banyak, deras, dan berlarut2,, Dulu ada miom d rahim ibu saya tapi sudah diambil, perkiraan dokter dari awal hanyalah "proses manepouse", tapi apakah ini wajar?
423 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, KTerima kasih atas pertanyaan AndaPerdarahan rahim yang tidak normal atau dalam istilah medis disebut dengan perdarahan uterus abnormal adalah kondisi terjadinya perdarahan melalui vagina diluar siklus menstruasi. Keadaan ini bisa dialami pada usia subur, menjelang menoopause atau bahkan saat sudah menopause. Gejala yang muncul bisa berupa perdarhaan diluar siklus menstruasi, berjumlah banyak, lebih dari 7 hari, keluar gumpalan darah dari vagina atau cair kekentalan. Gejala penyerta lainnya bisa berupa nyeri perut, perut terasa kembung, rasa tidak nyaman pada payudara dan lain sebagainya.

Beberapa kemungkinan penyebab perdarahan uterus abnormal adalah:

Terkait dengan apa yang terjadi pada ibu Anda, salah satunya bisa disebabkan oleh kondisi yang telah disebutkan di atas. Untuk bisa memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis kandungan terdekat. Terkait dengan proses menopause, tubuh akan mengalami perubahan hormonal sehingga bisa saja keadaan ini terjadi, tetapi umumnya kondisi perdarahan diluar siklus menstruasi ini tidak berlebihan dan tidak berulang. Setiap wanita mempunyai proeses menopause yang berbeda-beda. Segeralah lakukan kontrol kembali agar dokter melakukan evaluasi terapi yang sudah diberikan. Usahakan agar ibu Anda tetap konsumsi makanan bergizi, jaga keberishan area prgan intim, hindari kelelahan, istirahat cukup, dan berolahraga rutin agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
menopausemioma uteripolip rahimendometriosisperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil